Masih Gelontorkan Pinjaman ke China, Presiden Donald Trump Meradang kepada Presiden Bank Dunia

Satria Utama
Minggu, 08 Desember 2019 | 06:00 WIB
Donald Trump R24/saut Donald Trump

RIAU24.COM -  Kebijakan Bank Dunia yang terus menggelontorkan pinjaman bagi China membuat marah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Ia pun mengecam Bank Dunia memilih meminjamkan dana bagi negara kaya seperti China daripada ke negara miskin.

"Mengapa Bank Dunia meminjamkan uang ke China? Mungkinkah ini? China punya banyak uang, dan jika tidak, mereka yang membuatnya. BERHENTI!" kata Trump seperti dikutip CNN Indonesia dari AFP, Sabtu (7/12).

Baca juga: Tragis! 5 Hari lagi Wisuda dan Dapat Pekerjaan Impian, Gadis Ini Tewas Tabrak Pohon

Trump juga menegaskan kembali posisi yang telah lama dipegang pemerintah Amerika, termasuk soal David Malpass yang sebelum diangkat menjadi presiden Bank Dunia merupakan seorang pejabat Departemen Keuangan AS.

Kecaman terhadap kebijakan Bank Dunia tidak hanya dilakukan Trump secara langsung. Melalui Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, Trump juga mengatakan kepada komite Dewan Perwakilan Rakyat pada Kamis lalu bahwa AS  keberatan dengan program pinjaman dan proyek tahun jamak untuk China.

Baca juga: Gadis Cantik Ini Tiba-Tiba Membeku Setelah Minum di Klub, Sang Ibu Bagikan Video Mengerikan Untuk Menyebar Kewaspadaan

Direktur Negara Bank Dunia untuk China Martin Raiser mengatakan pihaknya akan selektif dalam berhubungan dengan China. Atas dasar kebijakan itu,  pihaknya memang berencana mengurangi pinjamannya ke China.

"Ini mencerminkan evolusi hubungan kami dengan China. Hubungan kami akan semakin selektif," katanya.

Namun, kebijakan tersebut belum memuaskan bagi Washington. Mereka berpendapat ekonomi negara terbesar kedua di dunia itu cukup kaya untuk membiayai dirinya sendiri.

Mereka juga  menganggap China tidak bergantung pada pinjaman dari Bank Dunia. Keberadaan Bank Dunia seharusnya menjadi sumber daya keuangan bagi negara  miskin.***


Informasi Anda Genggam


Loading...