riau24

Intensitas Hujan Masih Tinggi, PLTA Koto Panjang Tambah Bukaan Pintu Air

Ryan Edi Saputra
Jumat, 13 Desember 2019 | 15:44 WIB
Penampakan Pintu Air PLTA Koto Panjang, Kampar. (R24/int) R24/put Penampakan Pintu Air PLTA Koto Panjang, Kampar. (R24/int)

RIAU24.COM (KAMPAR) - Intensitas hujan yang masih tinggi di daerah hulu sungai Waduk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang mengakibatkan debit air terus bertambah, pada Jumat (13/12/2019). 




BACA JUGA : Kampar Tambah 15 Kasus Positif Covid-19, Kontak Erat dari Pasien Sebelumnya

Pengelola waduk PLTA kembali melayangkan informasi kepada masyarakat dan pejabat daerah setempat yang berada di hilir sungai Kampar bahwa akan membuka kembali pintu air yang akan dilakukan pukul 16.00 WIB waktu setempat.

Informasi terkait hal ini disampaikan pengelola PLTA Koto Panjang melalui akun instagramnya @plta_koto_panjang siang tadi.

BACA JUGA : Sambut Idul Adha, Kopka Jufri Hendri Goro Bersama Masyarakat Bersihkan Lingkungan Masjid

“Kepada masyarakat yang beraktifitas atau bertempat tinggal disepanjang aliran sungai Kampar, dengan ini disampaikan bahwa Manajemen Waduk Unit Layanan PLTA Koto Panjang akan melakukan penambahan tinggi buka pintu pelimpahan (spillway gate) pada sore ini,” tulis akun instagram tersebut.

Adapun pembukaan pintu air akan dilakukan pada pukul 16.00 WIB. Yang semula 5 pintu x 120 cm menjadi 5 pintu x 150 cm. Dalam artian pengelola akan menambah tinggi pembukaan pintu sekitar 30 cm lagi.

“Diperkirakan kenaikan permukaan sungai sekitar 40 cm sampai 80 cm dari kondisi terakhir,” tulis pemberitahuan tersebut yang ditanda tangani oleh Plt. Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar. 

Untuk diketahui, dibukanya pintu air di waduk PLTA Koto Panjang disebabkan adanya kenaikan debit air di hulu Waduk PLTA Koto Panjang, adapun sungai tersebut diantaranya di daerah Muaro Paiti, Gunung Bungsu dan Kapur IX.

”Kepada masyarakat yang berada di hilir sungai Kampar diminta waspada,” tutup informasi tersebut.(R24/Put)



Informasi Anda Genggam



Loading...