riau24

Ternyata, Begini Cara Menghitung Kecepatan Asli Kendaraan Anda, Bukan Pakai Speedometer

Selasa, 14 Januari 2020 | 14:13 WIB
Ilustrasi R24/wan Ilustrasi

RIAU24.COM -  Speedometer merupakan salah satu komponen kendaraan, yang tujuannya untuk mengukur seberapa cepat kendaraan yang sedang dikendarai. Tapi tahukah Anda, ternyata apa yang ditunjukkan speedometer, tidak menunjukkan kecepatan asli sebuah kendaraan ketika tengah melaju. 

Dilansir viva yang merangkum  The Globe and Mail, Selasa 14 Januari 2020, seluruh alat ukur kecepatan di kendaraan, baik mobil dan motor, memang sengaja dibuat tidak benar, alias ditambah-tambahkan. Jadi, angka yang tertera di speedmoter itu jauh lebih tinggi dibandingkan laju asilnya.


BACA JUGA : Sebelum Beli Isuzu Panther Bekas, 4 Hal ini Harus Anda Ketahui Terlebih Dahulu


Hal itu juga dibenarkan otomotif asal Kanada, Thomas Tetzlaff. Dikatakannya, seluruh pabrikan di dunia sepakat melakukan hal tersebut untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan di jalan raya. 

Sebab, dengan demikian, sang pengemudi akan berpikir bahwa dirinya sudah melaju terlalu kencang hingga harus mengurangi kecepatannya.

“Speedometer selalu menunjukkan angka lebih kencang dari laju aslinya. Bukan curang, tapi hal tersebut memang sudah tertuang di dalam International Agreements (kesepakatan global) soal produksi kendaraan,” terangnya. 

space

BACA JUGA : Keberadaan Esemka Hilang Timbul, Gaikindo: Nggak Tau, Ngak ada Update

Kalau sudah begitu, bagaimana cara menghitung kecepatan kendaraan yang tepat dan akurat?

Menurut Tetzlaff, dalam kesepakatan global tersebut, tertulis bahwa angka yang ditampilkan di speedometer haruslah 10 persen plus dua kilometer lebih tinggi dari laju asli kendaraan. Artinya, jika kecepatan sesungguhnya berada di kisaran 90 kilometer per jam, maka yang tampil pada layar speedometer adalah 101 kilometer per jam. ***

Penulis: R24/wan





Loading...