riau24

Waw, Tangsi Belanda Kini Jadi Destinasi Unggulan Kabupaten Siak

Lina
Selasa, 14 Januari 2020 | 14:15 WIB
Tangsi Belanda jadi destinasi awista favorit di Siak (foto/int) R24/lin Tangsi Belanda jadi destinasi awista favorit di Siak (foto/int)

RIAU24.COM - SIAK- Bangunan cagar budaya Tangsi Belanda yang berada di sisi Sungai Siak, Kampung Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, kini menjadi salah satu destinasi unggulan.

Lokasi Tangsi Belanda dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2-3 jam dari Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.




BACA JUGA : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Polres Siak Bekerja Sama Dengan Diskes Lakukan Tes Swab Kepada Personel



Tangsi Belanda yang ada di Kawasan Cagar Budaya Kesultanan Siak merupakan benteng peninggalan Belanda, yang dulunya berfungsi sebagai kantor residen, rumah tahanan, gudang peluru dan barak pasukan. 

Bangunan ini memiliki lima bangunan utama dan sejumlah bangunan kecil. 

BACA JUGA : Festival Siak Bermadah Ikut Dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia Award 2020



Gedung yang dibangun pada 1880 ini, sebelumnya dalam kondisi memprihatinkan dan minim perawatan. Dinding bangunan utama yang berada di kawasan tersebut rusak dan kusam, serta beberapa bagian bangunan juga hilang.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2018 pun melakukan revitalisasi bangunan Tangsi Belanda.

Revitalisasi Tangsi Belanda mencakup pemugaran gedungan utama dan bangunan kecil, pekerjaan mekanikal, elektrikal, plumbing serta perbaikan pintu, jendela dan toilet. Pemugaran tidak menghilangkan arsitektur asli bangunan tersebut. Setelah dipugar, saat ini Tangsi Belanda berubah menjadi bangunan yang lebih indah, bersih, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas. 

Terdapat tujuh bangunan yang berfungsi sebagai perpustakaan, kantor, museum, ruang pameran, toilet, dapur (sarana boga), area serba guna, dan gudang. 

Diharapkan program revitalisasi Tangsi Belanda dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. (R24/Lin)



Informasi Anda Genggam



Loading...