riau24

Terungkap, Inilah Penyebab Asal Muasal Virus Corona, Bukan Akibat Kebocoran Laboraturium Kimia

Satria Utama
Senin, 27 Januari 2020 | 20:23 WIB
Ilustrasi R24/saut Ilustrasi

RIAU24.COM -  Misteri asal usul virus Corona di Cina akhirnya terjawab sudah. Bukan dari laboratorium kimia seperti yang dituduh mantan intelijen Israel,  tapi memang berasal dari hewan liar yang di jual di kota Wuhan. 

Kesimpulan ini diperoleh setelah Pusat Pengendali Penyakit di Cina melaporkan hasil tes terhadap 33 dari 585 sampel yang dikumpulkan. Seperti dilansir Tempo,  hasil tes menunjukkan virus Corona yang mengakibatkan pneumonia bagi penderitanya berasal dari pasar hewan liar di kota Wuhan.


BACA JUGA : Dihantam Krisis Ekonomi Gegara Corona, Warga di Negara Ini Gunakan Kelinci Sebagai Alat Transaksi


Menurut lembaga tersebut, sampel yang terkena virus ditemukan di antara 22 kios dan satu truk sampah di pasar ikan di kota Wuhan, provinsi Hubei.

Dari sampel yang diteliti, sebanyak 93,9 persen sampel diambil dari bagian selatan pasar ikan di Wuhan, tempat perdagangan hewan liar ilegal.

Sejumlah kasus awal dari penyebaran virus Corona yang baru di Wuhan dihubungkan secara dekat dengan pasar ikan itu. Diyakini virus itu dibawa oleh kelalawar dan ditularkan kepada manusia lewat cara penularan yang belum pasti diketahui.

BACA JUGA : Jenderal Perang Paling Ganas di Dunia Tiba-tiba Nongol di Gedung Putih Setelah Bentrok Warga AS dan Polisi, Pertanda Apa?

Oleh karena itu, para ahli virus masih menelusuri sumber virus, mengendalikannya dan mengidentifikasi perantara penularan dari hewan ke manusia. Ini sebagai kunci untuk pengendalian penularan.

Saat ini Cina lagi berkejaran dengan waktu untuk membangun rumah sakit khusus untuk pasien terkena virus Corona di wilayah pinggiran barat Wuhan.****



Informasi Anda Genggam



Loading...