riau24

Dandim 0314/Inhil Motivasi Masyarakat Tingkatkan Perekonomian Kerakyatan Dengan Sabut Kelapa dan Keramba Apung

Ramadana
Kamis, 30 Januari 2020 | 19:24 WIB
Dandim 0314/Inhil beserta Kasdim dan perwira staf meninjau lokasi kegiatan Pilot Projek pengolahan sabut kelapa dan budidaya tanaman Vanili serta budidaya ikan keramba Terapung Kodim 0314/Inhil (foto/Rgo) R24/rgo Dandim 0314/Inhil beserta Kasdim dan perwira staf meninjau lokasi kegiatan Pilot Projek pengolahan sabut kelapa dan budidaya tanaman Vanili serta budidaya ikan keramba Terapung Kodim 0314/Inhil (foto/Rgo)

RIAU24.COM - INHIL- Dandim 0314/Inhil beserta Kasdim dan perwira staf meninjau lokasi kegiatan Pilot Projek pengolahan sabut kelapa dan budidaya tanaman Vanili serta budidaya ikan keramba Terapung Kodim 0314/Inhil, Kamis 30 Januari 2020.


BACA JUGA : STII Inhil Serahkan Alat Pertanian dan Pupuk Kepada Poktan Tanjung Jaya




Untuk limbah sabut kelapa yang selama ini menjadi sampah laut, Kodim 0314/Inhil terus giat dalam melakukan terobosa olahan sabut kelapa khususnya pembuatan pot untuk wadah penanaman Vanili dan pembuatan sapu yang sudah mulai kebanjiran pesanan.

Selain itu, ada juga budi daya ikan keramba apung. Keramba ini rencananya akan di isi dengan bibit ikan Lele. Dengan jumlah 14 Keramba ini akan di tanggungjawabkan kesetiap Staf, di tambah Unit Intel dan Tuud yang ada di Makodim 0314/Inhil. Dengan adanya keramba ini.

BACA JUGA : Polsek dan Tokoh Pemuda Teluk Belengkong Salurkan Bantuan dari Kapolres dan Yayasan Vioni Bersaudara



"Tujuannya untuk memotifasi warga yang ada di kab. inhil agar bisa memamfaatkan Kolam atau aliran sungai untuk budidaya Ikan di dalam  keramba," ujar Dandim. 

Dijelaskan Letkol Inf Imir Faishal, Kolam keramba ini akan ditabur benih perdana Oleh Bupati Inhil H M. Wardan kurang lebih sebanyak 7000 Ekor bibit ikan Lele besok. 

"Penebaran bibit akan dilakukan pada hari Jumat, 31 Januari 2020 setelah Kegiatan Rakoor Pembahasan Isu Strategis dan Pemberdayaan Perekonomian Kerakyatan Pengolahan Limbah Sabut kelapa bersama Forkopimda Kab.Inhil yang akan dilaksanakan di Aula Graha Bhaki Kodim 0314/Inhil," ungkap Letkol Inf Imir Faishal.

Nantinya dikatakan Dandim, hasil ikan yang ada di kolam keramba akan di nilai untuk diperlombakan dengan kreteria yang akan di tentukan. 

"Dengan demikian masing-masing staf saling bersaing dan ada keinginan untuk jadi yang terbaik," tandas Dandim. (R24/Rgo)



Informasi Anda Genggam



Loading...