riau24

BMKG Riau Pasang Alat Sensor Pendeteksi Dini Tsunami dan Gempa di Inhil

Selasa, 04 Februari 2020 | 21:07 WIB
Bupati HM.Wardan di dampingi Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Drs.Fauzar menerima kunjungan Kepala Badan Metereologi dan Geofisika Provinsi Riau (foto/Rgo) R24/rgo Bupati HM.Wardan di dampingi Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Drs.Fauzar menerima kunjungan Kepala Badan Metereologi dan Geofisika Provinsi Riau (foto/Rgo)

RIAU24.COM - INHIL- Bupati HM.Wardan di dampingi Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Drs.Fauzar menerima kunjungan Kepala Badan Metereologi dan Geofisika Provinsi Riau di Rumah Dinas Bupati, Selasa 4 Februari 2020.

Kedatangan Kepala beserta Staf BMKG Provinsi Riau ke Tembilahan dalam rangka Pemasangan alat Sensor Pendeteksi dini Gempa dan Tsunami di Wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, demikian dikatakan Kepala BMKG Provinsi Riau Sukisno.


BACA JUGA : Salut, Fraksi PKB DPRD Inhil Sisihkan Gaji Cegah Penyebaran Virus Corona




"Mengingat Karena daerah kita banyaknya pertemuan lempeng sehingga menyebabkan sering terjadinya gempa bumi. Sepeti pada bulan Januari 2020 telah terjadi gempa bumi di Indonesia sebanyak 580 kali. Untuk itu, Kedatangan kami ke sini untuk merapatkan jaringan supaya data yang diperoleh lebih akurat. Karena, apabila terjadi bencana seperti gempa dan Tsunami bisa menyelamatkan masyarakat," jelas Kepala BMKG Prov Riau Sukisno.

BACA JUGA : DPC PKB Inhil Distribusikan Bilik Sterilisasi, Dilengkapi Teknologi Sensor



Ia menambahkan, untuk wilayah Inhil potensi Tsunami lebih kecil karena wilayah Riau khususnya Inhil jauh dari pertemuan lempeng tetapi menurutnya harus tetap waspada. 

"Dan untuk wilayah Riau ada 4 wilayah yang akan dikunjungi ada wilayah Inhil, pelalawan, Siak dan Rohul yang akan di survei untuk pemasangan alat pendektsi dini Gempa dan Tsunami," ungkapnya.

Sementara Bupati HM.Wardan yang dimintai keterangan usai menerima Kunjungan BMKG Prov Riau mengatakan, dengan adanya alat ini ia berharap masyarakat Kabupaten Inhil bisa lebih awal mengetahui akan bencana, berupa gempa dan Tsunami. 

"Sehingga kita bisa mengantisipasi lebih dini," ujar Wardan.

Wardan juga mengucapan terima kasih kepada BMKG atas pemasangan alat Pendeteksi dini Gempa dan Tsunami di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir. (R24/Rgo)

Penulis: R24/rgo



Loading...