riau24

Bupati Mursini: Bantu Petani Pupuk Subsidi Guna Tingkatkan Produksi, Kuantan Mudik Usul 15 Skala Prioritas

Kamis, 06 Februari 2020 | 04:15 WIB
Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (foto/int) R24/zar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (foto/int)

RIAU24.COM - KUANSING- Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor Camat Kuantan Mudik, Rabu (5/2).

Musrenbang Kecamatan Kuantan Mudik ini merupakan yang kedua di hari Pertama, yang berlangsung pada siang harinya, sementara di pagi harinya berlangsung di Kecamatan Hulu Kuantan.


BACA JUGA : Epi Martison Ajak Masyarakat Buat Gerakan Sujud Bumi, Pada Hari Bumi dan Hari Tari Dunia




Dihadiri langsung Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si, Wakil Ketua DPRD Juprizal, S.Sos. M.Si, dan Anggota Asrori Analke Apas, A.Md, Erdizal, Satria Mandala Putra, ST, Staff Ahli, Asisten, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Direktur RSUD Teluk Kuantan, Kepala Bagian, Kepala Bidang, Camat, Kasubbag, Kasubid, Korwil, Kapus, Kapolsek, Koramil, Kepala Sekolah, Kepala Desa, BPD dan Perangkat, serta Tokoh masyarakat se Kecamatan Kuantan Mudik.

Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si menyebutkan bahwa saat ini Pemkab Kuansing sangat komit dalam meningkatkan Pemberdayaan masyarakat, Khusus untuk para petani karet, sawit, Tanaman Pangan sudah harus diberikan bantuan pupuk subsidi. 

"Kalau Tanaman Karet, sawit dan Tanaman Pangan diberikan pupuk subsidi dan dirawat dengan baik, sudah barang tentu akan meningkat hasilnya," Ujarnya.

Dikatakannya, Jika produksi petani Kuansing meningkat, sudah barang hasilnya juga meningkat, dan sudah barang tentu akan mampu untuk mendirikan Industri Hilir. " Kita nantinya akan fokus untuk mendirikan Industri hilir," Tambahnya.

Dengan begitu, kesejahteraan para petani Kuansing akan lebih meningkat lagi, misalnya dari hasil karet akan dibangun Pabrik karet, seperti Ban untuk kenderaan roda dua roda empat dan sebagainya. Begitu juga nantinya dari CPO Sawit juga dapat dibuat minyak sawit," tambahnya.

BACA JUGA : Pemkab Akan Segera Beri Bantuan Warga Terdampak Covid-19, Ini Penjelasan Bupati Kuansing



Dan berkaitan dengan beberapa usulan dari Kecamatan Kuantan Mudik, Bupati berharap agar dapat membuat mana yang menjadi skala prioritas, yang nantinya akan diperjuangkan pada kegiatan Musrenbang tingkat Kabupaten.

Sementara Camat Kuantan Mudik, Sadarisnah, S.STP. M.Si sebelumnya menyampaikan beberapa program usulan pada kegiatan Musrenbang ini. Beberapa usulan dari Kecamatan Kuantan Mudik Tahun 2020, antara lain yaitu : 

1. Pengaspalan Jalan Lingkar Desa Kasang - Desa Banjar Padang sepanjang 1,5 KM,

2. Peningkatan (Hotmix) Jalan Kabupaten (Desa Kinali) sepanjang 4 KM,

3. Pembangunan semenisasi (Jalan Lingkar dari Puskesmas ke Pasar Baru Kelurahan Pasar Lubuk Jambi sepanjang 500 Meter,

4. Pengaspalan Jalan dari Desa Pebaun - Desa Saik sepanjang 

5. Pembangunan Drainase Desa Seberang Pantai (Dusun I dan Dusun II) sepanjang 2 KM,

6. Pembangunan Turap Penahan Tebing Sungai Kuantan (Banjar Padang) sepanjang 700 Meter,

7. Pembangunan Turap Penahan Tebing Sungai Kuantan (Seberang Pantai) sepanjang 200 Meter,

8. Pembangunan Turap SMP 3 Cengar KM sebanyak 1 Paket,

9. Pembangunan Gedung Serba Guna Kuantan Mudik 1 Unit,

10. Rehab Berat Kantor Camat Kuantan Mudik (1 Paket),

11. Rehab Los Pasar Lubuk Jambi (2 Unit),

12. Pembangunan Kantor Desa Pebaun Hilir,

13. Pembangunan Sarana dan Prasarana Wisata Danau Kobun Nopi (1 Paket),

14. Pembangunan Gedung Kantor Guru SMP 1 KM (12x10 Meter),

15. Pembangunan Ruang Kelas SMP 4 Pantai. (R24/Zar)

Penulis: R24/zar



Loading...