riau24

Tingkatkan Produksi Beras, Bupati Mursini Ajak Petani Tanam Dua Kali

Kamis, 06 Februari 2020 | 14:19 WIB
Bupati Kuansing Mursini (foto/int) R24/zar Bupati Kuansing Mursini (foto/int)

RIAU24.COM - KUANSING- Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si meminta kepada para petani untuk dapat meningkatkan produksi beras, karena saat sekarang ini produksi beras Kuansing baru hanya sekitar 50 persen dari kebutuhan masyarakat.

"Kita membutuhkan beras sekitar 36 ton pertahun, sementara dari hasil produksi para petani sekitar 18 ton pertahunnya," ungkap Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si pada pembukaan Musrenbang Kecamatan Kuantan Mudik yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor Camat Kuantan Mudik, Rabu (5/2) kemarin.


BACA JUGA : Update Data Covid-19 Kuansing, Jumlah ODP Tembus 1.138 Orang




Menurut Bupati, Untuk meningkatkan produksi beras tersebut, maka sudah seharusnya dilakukan tanam dua kali setahun, dengan Program IP 200.

Sebab, Katanya, Saat ini yang telah melakukan tanam dua kali, baru hanya di Kenegerian Kari, Seberang Taluk, Kenegerian Kopah Kecamatan Kuantan Tengah, dan di daerah Bungaran Kecamatan Kuantan Hilir.

"Sementara daerah lainnya masih belum melakukan tanam dua kali, seperti di Kecamatan Hulu Kuantan, Kuantan Mudik, Gunung Toar, Benai yang memiliki lahan pertanian cukup luas dan sangat baik," paparnya.

BACA JUGA : Pastikan Ketersediaan Sembako, Pemkab Tinjau Toko Grosir dan Swalayan



Jika seluruh kawasan pertanian ini, dilakukan tanam dua kali, sudah barang tentu akan dapat meningkatkan produksi padi (beras). Dan saat ini Pemkab Kuansing juga akan memberikan bantuan pupuk subsidi kepada para petani ini.

Bupati juga mengingatkan kepada para petani, untuk tidak mengalihfungsikan lahan sawah menjadi tanaman sawit maupun karet. "Kalau lahan sawah sudah beralih fungsi, sudah barang tentu akan mengurangi lahan tanaman padi, dan berkurang juga produksi beras kita," tuturnya.

Musrenbang Kecamatan Kuantan Mudik ini dihadiri langsung Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si, Wakil Ketua DPRD Juprizal, S.Sos. M.Si, dan Anggota Asrori Analke Apas, A.Md, Erdizal, Satria Mandala Putra, ST, Staff Ahli, Asisten, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Direktur RSUD Teluk Kuantan, Kepala Bagian, Kepala Bidang, Camat, Kasubbag, Kasubid, Korwil, Kapus, Kapolsek, Koramil, Kepala Sekolah, Kepala Desa, BPD dan Perangkat, serta Tokoh masyarakat se Kecamatan Kuantan Mudik. (R24/Zar)

Penulis: R24/zar



Loading...