riau24

Sebanyak Sepuluh Calon PPK Dinyatakan Lulus Seleksi Selanjutnya

Kamis, 06 Februari 2020 | 14:24 WIB
Pengrekrutan Calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan oleh KPU Siak (foto/int) R24/lin Pengrekrutan Calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan oleh KPU Siak (foto/int)

RIAU24.COM - SIAK- Pengrekrutan Calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 30 Januari 2020 lalu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak guna menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, KPU Siak akan kembali menggelar seleksi selanjutnya.


BACA JUGA : Ikuti Video Conference Menteri, Bupati Siak Simak Arahan PSBB dan Penanganan Covid-19




Sebelumnya, peserta calon PPK diseleksi melalui tertulis untuk mendapatkan sebanyak 10 orang untuk lulus ke tahap berikutnya. 

"Yang lulus 10 orang tersebut selanjutnya kita seleksi lagi menjadi 5 orang untuk tes wawancara. Kita laksanakan pada tanggal 08 sampai 10 Februari 2020," kata Ketua KPU Siak Ahmad Rizal melalui Divisi Teknis Agus Haryanto.

Kata Agus, pada tahap seleksi wawancara, peserta dipanggil satu persatu oleh dua penguji komisioner KPU Siak.

BACA JUGA : Warga PDP Asal Siak Negatif Virus Corona



"Yang akan di tes meliputi  wawasan tentang kepemiluan,pemungutan suara, syarat sah suara dan hal-hal yang berkaitan tentang pemilu," terang Agus.

Setelah seleksi wawancara, lanjut dia, peserta PPK baru dinyatakan lulus untuk tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. Selanjutnya, peserta yang lulus akan dilantik tanggal 29 Februari 2020.

"Kalau tempat belum kita pastikan, apakah di Gedung Mahratu atau Gedung Daerah," ucapnya.

Namun, sebelum pelantikan, pihak KPU masih menunggu adanya laporan pengaduan dari masyarakat terkait pelanggaran dari PPK terpilih.

"Misalkan ada yang lapor ke KPU kalau ada PPK yang terlibat mengurus partai politik, akan kita tanggapi dan PPK tersebut digugurkan. Diganti dengan peringkat 6 - 10 pada tes wawancara. Sementara pengumuman kelulusan peserta PPK tersebut bisa dilihat melalui website resmi KPU Siak," pungkasnya (R24/Lin)

Penulis: R24/lin

PPK Siak


Loading...