riau24

Bupati Inhu Yopi Beserta Kapolres dan OPD Gelar Rapat Pencegahan Karhutla Tahun 2020

Senin, 10 Februari 2020 | 18:11 WIB
Bupati Inhu, Kapolres serta OPD terkait melaksanakan Rapat Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (foto/Rou) R24/rou Bupati Inhu, Kapolres serta OPD terkait melaksanakan Rapat Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (foto/Rou)

RIAU24.COM - INHU- Sesuai arahan Presiden Ir. H. Joko Widodo terkait karhutla. Bupati Inhu, Kapolres serta OPD terkait melaksanakan Rapat Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang berlangsung di ruang rapat Narasinga Kantor Bupati Inhu, Senin (10/2/2020) siang.


BACA JUGA : Hasil Rapid Test, 87 ODP Inhu Dinyatakan Negatif




"Rapat Karhutla bersama kita laksanakan meneruskan intruksi Presiden Jokowi pada hasil Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2020 di Sentul International Convention Center, Bogor pada Selasa (4/1/2020) beberapa waktu yang lalu," ucap Boby Rachmat (Plt. Asisten 1) selaku moderator.

BACA JUGA : Tim RAJUT Serahkan Bantuan Sembako



Sementara Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE mengatakan bahwa Pemkab Inhu bersama TNI dan Polri serta instansi terkait harus sepakat bekerjasama dalam penanganan pencegahan Karhutla, dengan mempersiapkan sarana prasarana serta personil.

"Kita harus melakukan pencegahan sebelum terjadi permasalahan, terutama dalam kondisi menangani karhutla khususnya di wilayah Inhu" tegasnya.

Sedangkan Kapolres Inhu AKBP Efrizal, menginformasikan bahwa sudah ada sekitar 108 embung yang dibuat perusahaan di wilayah Inhu sebagai penampung air dan melakukan sosialisasi penyuluhan bahaya karhutla melalui peran Babinkamtibmas.

"Sepanjang tahun 2020 sudah ada lima lokasi kebakaran dan  tiga orang pelaku pembakaran lahan ditahan. Kita dibantu aplikasi lancang kuning untuk memonitor karhutla lewat satelit", ujarnya.

"Di Provinsi Riau sudah ada tiga kabupaten/ kota ditetapkan sebagai status Darurat Karhutla yaitu Bengkalis, Dumai, Siak," tutupnya. (R24/Rou)

Penulis: R24/rou

Inhu Yopi


Loading...