riau24

Setiap Kamis Allah Ampuni Hamba-Nya yang Mukmin, Kecuali Orang Ini

Senin, 17 Februari 2020 | 22:39 WIB
Ilustrasi/int R24/riko Ilustrasi/int

RIAU24.COM -  Setiap hari Senin dan Kamis, amal-amal manusia dihadapkan pada Allah. Lalu Allah pun mengampuni seluruh hamba-Nya yang berima. Namun ada orang yang ditangguhkan amalnya dan belum diampuni. 


BACA JUGA : Ini Tiga Tanda Zodiak Leo Ingin Minta Putus dari Pasanganya


Betapa beruntungnya menjadi mukmin. Ia mendapat ampunan dari Allah yang Maha Pengampun. Apalagi dosa-dosa kecil yang tak disengaja. Semua diampunya. 

Lalu siapakah yang ditangguhkan amalanya dan belum diampuninya di hari ini. 

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lebih sering pada hari Senin dan Kamis. Lalu ada sahabat yang bertanya tentang hal itu.

Maka Rasulullah shallallahu ‘ailihi wasallam menjawab:

إِنَّ الأَعْمَالَ تُعْرَضُ كُلَّ يَوْمِ اثْنَيْنِ وَخَمِيسٍ فَيَغْفِرُ اللَّهُ لِكُلِّ مُؤْمِنٍ إِلاَّ الْمُتَهَاجِرَيْنِ فَيَقُولُ أَخِّرْهُمَا


“Sesungguhnya seluruh amal akan dipersembahkan pada setiap hari Senin dan hari Kamis. Lalu Allah mengampuni setiap orang mukmin kecuali orang yang bermusuhan. Allah berfirman, ‘Tangguhkanlah amal kedua orang itu.’” (HR. Ahmad; shahih)

Inilah mereka. Yakni dua orang yang bermusuhan. Padahal sama-sama mukmin. Padahal sama-sama beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sungguh tak pantas dua orang mukmin saling berselisih dan bermusuhan. Sedangkan mereka adalah saudara yang ikatan persaudaraannya lebih kuat dari saudara kandung.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ


“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. Al Hujurat: 10).

BACA JUGA : Resep Telur Dadar Pizza Cocok Untuk Makan Siang

Maka hadits riwayat Imam Ahmad ini, selain menjelaskan keutamaan Puasa Senin Kamis, ia juga mengingatkan kita. Jangan membenci sesama mukmin. Jangan musuhi orang beriman. Kecuali jika engkau ingin amalmu ditangguhkan-Nya dan ampunan untukmu ditunda.

Penulis: R24/riko

Kajian Islam


Loading...