Cocok Sebagai Wisata Religi, 4 Masjid ini Miliki Arsitektur Unik, Apa Saja?

M. Iqbal
Kamis, 20 Februari 2020 | 13:54 WIB
Masjid Muhammad Cheng Ho R24/ibl Masjid Muhammad Cheng Ho
Bea Cukai

RIAU24.COM - Sebagaimana yang diketahui, Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia. Tak heran jika di Indonesia banyak masjid-masjid yang cukup besar di setiap daerah.

Dikutip dari Okezone.com, Kamis 20 Februari 2020, hal tersebut tentu membuat sebagian masyarakat melakukan wisata religi di sejumlah masjid tersebut. Lantas masjid apa saja yang bisa dikunjungi saat wisata religi?

Baca juga: Apa Itu Love Language dan Jenis-jenisnya

1. Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal ini terletak di kawasan Jakarta Pusat dan dirancang oleh arsitektur non muslim. Dikutip dari istiqlal.id, pria kelahiran Sumatera Utara bernama Frederich Silaban itu ditetapkan sebagai pemenang sayembara desain Masjid Istiqlal pada 1955.

Fakta menarik lainnya yakni Istiqlal diambil dari bahasa Arab yang berarti merdeka. Masjid tersebut dibangun untuk menghormati para pejuang muslim yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan sekaligus menggambarkan rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas limpahan rahmat berupa kemerdekaan bangsa.

2. Masjid Dian Al Mahri
Masjid Dian Al Mahri merupakan satu dari tujuh masjid di dunia yang memiliki kubah emas. Dengan lima kubah berlapis emas 24 karat, arsitektur masjid yang berlokasi di Depok, Jawa Barat tersebut mengikuti tipologi arsitektur masjid dengan ciri kubah, menara, halaman dalam, serta hiasan-hiasan dekoratif dengan elemen geometris untuk memperkuat ciri keislaman.

Seluruh permukaan bangunan terdiri dari dua susun dan dibalut batu granit yang secara khusus didatangkan dari Italia. Bagian dalam masjid ini menghadirkan pilar-pilar kokoh guna menciptakan skala ruang yang agung. Ruang dalam menggunakan material marmer yang kebanyakan didatangkan dari Turki.

Baca juga: Kanal YouTube VINDES Selenggarakan Ajang Tepok Bulu 2022, Desta Bangga Atas Gelar Juara Tunggal Vincent Rompies

3. Masjid Sunan Ampel
Masjid Sunan Ampel merupakan masjid tertua di Jawa Timur. Masjid tersebut sudah menjadi objek wisata religi terkenal di Surabaya. Masjid ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan bergaya arsitektur Cina dan Arab. Bagi masyarakat yang ingin melakukan wisata religi, masjid ini hanta ini berjarak 2 km dari Jembatan Merah Surabaya.

4. Masjid Muhammad Cheng Ho
Masjid unik yang satu ini merupakan perpaduan antara budaya muslim Cina dan Indonesia. Masjid ini dibangun dengan perpaduan gaya Arab, Cina, dan Jawa.

Mengunjungi masjid Muhammad Cheng Ho akan memberi Anda pengalaman menakjubkan karena Anda bisa mempelajari sejarah yang beragam. Masjid ini cukup mudah dijangkau karena terletak di sisi jalan raya utama di pertigaan menuju Pasuruan, Malang dan Surabaya, sekitar 300 meter dari terminal bus Pandaan.


Informasi Anda Genggam


Loading...