Warga California Ini Terinfeksi Corona Meski Tak Pernah Keluar AS, Kok Bisa?

M. Iqbal
Kamis, 27 Februari 2020 | 14:48 WIB
Ilustrasi/net R24/ibl Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Seorang warga di California, Amerika Serikat (AS) terinfeksi virus Corona baru atau yang bernama Covid-19. Padahal, dia sendiri tak pernah pergi ke luar negeri atau meninggalkan AS dan tidak kontak dengan pasien Covid-19 yang dikenal.

Dilansir dari Sindonews.com, Kamis, 27 Februari 2020, temuan tersebut menjadikan warga California tersebut sebagai pasien virus Corona pertama di AS yang tak memiliki riwayat kontak dengan pasien virus tersebut.

Temuan tersebut diungkap oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika sebagai tanda pertama penyakit ini kemungkinan menyebar dalam komunitas di AS.

Baca juga: Ayah Tujuh Anak Ini Lumpuh Setelah Disuntik Vaksin Johnson & Johnson

"Pasien Solano County tidak memiliki paparan terhadap virus melalui perjalanan atau kontak dekat dengan orang yang diketahui terinfeksi," ujar Departemen Kesehatan Masyarakat California.

Menurut CDC, kasus tersebut dipilih di dalam sistem kesehatan masyarakat oleh dokter yang cerdik.

"Pada saat ini, paparan pasien tidak diketahui. Mungkin ini bisa menjadi contoh penyebaran Covid-19 di dalam komunitas, yang akan menjadi pertama kalinya ini yang terjadi di Amerika Serikat," lanjut CDC.

Baca juga: Media Sosial India Dibanjiri Teriakan Bantuan Keluarga Penderita COVID-19 di Tengah Meningkatnya Kasus

"Upaya agresif yang belum pernah terjadi sebelumnya telah dilakukan untuk menahan penyebaran dan mengurangi dampak virus di AS," ujarnya lagi.

Presiden Donald Trump, dalam konferenesi pers sebelumnya, telah meremehkan ancaman virus Corona baru di AS. Dia juga menunjuk Wakil Presiden Mike Pence untuk memimpin respons negara terhadap penanganan Covid-19.


Virus Corona
Informasi Anda Genggam


Loading...