riau24

Pengamat Sebut Syamsuar Maju Sebagai Ketua DPD Golkar Riau Karna Ingin Mengamankan Kebijakanya Di Parlemen

Riko
Sabtu, 29 Februari 2020 | 12:02 WIB
Jupendri R24/riko Jupendri

RIAU24.COM -  Pengamat politik UMRI Jupendri mengatakan ada beberapa alasan Gubernur Syamsuar maju sebagai calon ketua Golkar Riau 2020-2025. Salah Satu diantaranya yaitu mencari dukungan politik di Parlemen agar kebijakannya dapat didukungan oleh Parlemen. 


BACA JUGA : Meski Masih Ada Corona, Pilkada Serentak Tetap Digelar Desember 2020, Begini Alasan Mendagri Tito Karnavian


"Untuk jangka pendeknya alasan Syamsuar maju untuk mengamankan roda pemerintahanya selama lima tahun kedepan agar kebijakan itu dapat dukungan politik dari Parlemen, "kata Jupendri. Jumat 28 Februari 2020.

Maka dari itu lanjut Jupendri dalam pemilihan ketua Golkar Riau besok itu, Syamsuar ikut ambil bagian menjadi calon ketua. 

"Golkar ini juga kan merupakan partai pemenang dengan suara terbesar di DPRD Riau itu sehingga menjadi penting untuk diambil Dia (Syamsuar.red). Apalagi Dia pernah berasal dari Golkar bahkan pernah menjadi ketua DPD II Golkar Siak. Jadi dalam jangka pendek itu yang dibutuhkanya, "terangnya. 

Tapi jika seandainya Syamsuar tidak ikut sebagai calon ketua, kemungkinan kecilnya mantan bupati Siak itu sebagai pengendali dari luar atau King Maker seperti ketua umum PDIP Megawati. 

"Itu kemungkinan kecilnya saja, "timpalnya 

Terkait soal syarat terknis yang diberikan Golkar pada Syamsuar agar bisa maju, Jupendri menilai bahwa syarat itu gampang mendapatkan oleh Syamsuar sebagai kepala daerah dengan banyaknya jaringan 

BACA JUGA : DPD Asal Riau: Idealnya Pilkada Diundur Tahun Depan

"Tidak sulit pak Syamsuar memenuhi syarat yang diberikan seperti dukungan dari pemilik suara sah. Dan soal gonta-ganti partai itu sah saja karna ketika itu Syamsuar tidak didukung partainya sendiri sementara partai lain mendukungnya. Tapi sampai saat ini kita tidak dengar Dia menjadikan partai lain selain dari Golkar, "tutupnya.

 



Informasi Anda Genggam



Loading...