Diduga Dampak Karhutla, Kabut Asap Tipis Mulai Selimuti Kota Istana

Lina
Selasa, 03 Maret 2020 | 15:34 WIB
Usai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa titik di Kabupaten Siak, mulai muncul penampakan asap tipis (foto/lin) R24/lin Usai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa titik di Kabupaten Siak, mulai muncul penampakan asap tipis (foto/lin)

RIAU24.COM - SIAK- Usai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa titik di Kabupaten Siak, mulai muncul penampakan asap tipis menyelimuti wilayah kota Siak. Asap mulai terlihat di pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB.

Baru-baru ini dari data yang dihimpun, kebakaran terjadi di Kampung Mengkapan Kecamatan Sungai Apit seluas 6 hektare pada Minggu (29/02/2020) dan Kampung Dayun Kecamatan Dayun seluas 1 hektare pada Sabtu (01/03/2020) Hingga kini tim gabungan dari Manggala Agni, BPBD, Polres, TNI, Camat dan MPA masih berjibaku mendinginkan api di wilayah Kecamatan Sungai Apit.

Baca juga: Bupati Siak Pantau Pos Penyekatan Minas dan Kandis



Mengetahui hal itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Siak, dr Eny menghimbau kepada masyarakat agar melakukan pola hidup sehat untuk antisipasi penyakit yang ditimbulkan oleh asap.

"Jika berpergian keluar rumah harus menggunakan masker, selalu banyak minum air putih dan jika ada gejala flu dan batuk segera berobat ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat. Lakukan pola hidup sehat sebagai pencegahan," Imbau dr Eny saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa (03/03/2020).

Baca juga: Tindaklanjuti SE Mendagri dan Menag, Pemkab Siak dan Instansi Vertikal Rapat Penanggulangan Penyebaran Covid-19



Menurutnya, kondisi asap yang muncul masih belum dikategorikan status berbahaya. Namun, masyarakat tetap harus menjaga kesehatan.

"Biasanya kita bisa lihat status asap itu dari Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) belum diaktifkan ISPUnya jadi belum kelihatan. Yang pasti kita siaga aja," tutupnya. (R24/Lin)


Informasi Anda Genggam


Loading...