Jadi Pejabat yang Ketiga, Penasihat Menlu Iran Meninggal di Teheran Karena Virus Korona

M. Iqbal
Jumat, 06 Maret 2020 | 11:12 WIB
Hossein Sheikholeslam R24/ibl Hossein Sheikholeslam

RIAU24.COM Iran menjadi salah satu negara yang terpapar virus corona. Bahkan, seorang penasihat Menteri Luar Negeri Javad Zarif dilaporkan meninggal karena virus yang berasal dari China tersebut.

Mengutip dari Okezone.com, Jumat 06 Maret 2020, Hossein Sheikholeslam menjadi pejabat tinggi pemerintah ketiga yang kehilangan nyawanya dalam wabah virus mematikan itu.

Sheikholeslam sebelumnya pernah menjabat sejumlah pos diplomatik, termasuk sebagai duta besar Iran untuk Suriah dan asisten ketua parlemen untuk urusan internasional.

Baca juga: Langgar Protokol Kesehatan, Tempat Hiburan Rahasia ini Langsung Didenda Rp88 juta

Namanya dikenal di Iran sejak menjadi mahasiswa karena perannya dalam krisis penyanderaan di Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) selama Revolusi Islam Iran 1979.

Sheikholeslam meninggal pada Kamis, 5 Maret 2020 kemarin di Rumah Sakit Masih Daneshvari di Teheran, demikian diwartakan Russia Today, Jumat 6 Maret 2020.

Wabah Covid-19 telah berdampak besar bagi Iran, dengan 3.513 kasus yang telah dikonfirmasi dan sedikitnya 108 orang telah meninggal.

Baca juga: Gegara Pandemi, Mantan PSK di Meksiko Kambuh Lagi, Layani Pelangan dalam Mobil Sampai Trotoar

Presiden Hassan Rouhani mengatakan wabah telah menyebar ke hampir semua provinsi di Iran, dan upaya penanggulangannya terkendala sanksi yang dijatuhkan AS.

Para elite politik Iran pun tidak luput dari serangan Covid-19, dengan banyak pejabat tinggi, termasuk wakil presiden Iran, dan 23 anggota parlemen telah positif terinfeksi virus mematikan tersebut.

Bahkan, sekolah dan universitas di Iran juga telah ditutup hingga 20 Maret 2020 dan Parlemen menunda sesi pertemuannya pada akhir bulan lalu, "Sampai pemberitahuan lebih lanjut."


Informasi Anda Genggam


Loading...