riau24

Anggota DPR RI Syamsurizal Kunjungi Bawaslu Riau, Ini Yang Dibahasnya

Riko
Jumat, 06 Maret 2020 | 17:47 WIB
Foto (istimewa) R24/riko Foto (istimewa)

RIAU24.COM -  Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi II Syamsirizal melakukan kunjungan kerja ke Bawaslu Riau Jalan Adi Sucipto No.284 Komplek Transito, Pekanbaru, Jum'at 6 Maret 2020.


BACA JUGA : Meski Masih Ada Corona, Pilkada Serentak Tetap Digelar Desember 2020, Begini Alasan Mendagri Tito Karnavian


Syamsurizal tiba di Kantor Bawaslu Prov Riau sekitar pukul 09.30 Wib disambut oleh Anggota Bawaslu Riau Neil Antariksa, Amiruddin Sijaya, Hasan serta seluruh anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

Dalam kunjungan kerjanya ini, Syamsurizal menyampaikan bahwa Pilkada Tahun 2020 merupakan Pilkada serentak ke 4 di Indonesia. Yang sebelumnya dilakukan  pada tahun 2015 dengan 269 Pemilihan Kepala Daerah yang didalamnya termasuk Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia.

Kemudian di Tahun 2017, terdapat 101 Pilkada, dan 171 Pilkada pada Tahun 2018. Dan di Tahun 2020 ini, 270 daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak di Indonesia. Sehingga jumlah Pilkada dari 2015 hingga 2020, sebanyak 530 lebih Pilkada serentak yang telah dilaksanakan di Indonesia.

Dalam pemaparanya Syamsurizal mengatakan bahwa Bawaslu ini memiliki tugas dan fungsi yang sangat strategis dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dapat terwujud dengan pelaksanaan pengawasan Bawaslu yang optimal di setiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan.

"Bawaslu memiliki tugas dan fungsi yang strategis dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat indonesia dengan cara melakukan pengawasan yang optimal, sehingga akan menciptakan pemimpin-pemimpin daerah yang berkualitas."kata Syamsurizal kepada peserta.

Sedikitnya kata Dia ada 3 faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan yang berkualitas.  Diantaranya tingkat Independesi penyelenggara Pemilu, seberapa jauh penyelenggara tidak terpengaruh dari pihak lain dan bekerja sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Yang kedua adalah Netralitas ASN. 

"Disinilah peran penting Bawaslu untuk melakukan sosialisasi dan penegasan pentingnya netralitas ASN, " terangnya. 

BACA JUGA : DPD Asal Riau: Idealnya Pilkada Diundur Tahun Depan

Anggota DPR RI ini juga berharap kepada seluruh jajaran Bawaslu agar dapat bekerja secara optimal sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku dengan begitu  kesejahteraan masyarakat Indonesia akan terwujud.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Bawaslu Provinsi dan buku hasil pengawasan Pemilu Tahun 2019 dari Bawaslu Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti. Kegiatan berakhir pada pukul 12.00 Wib. (rls) 



Informasi Anda Genggam



Loading...