riau24

Bermitra dengan PT BOS, KUD Kurnia Timpeh Tanam Perdana Sawit Program PSR

Satria Utama
Rabu, 11 Maret 2020 | 15:08 WIB
Acara penanaman perdana kelapa sawit Program Sawit Rakyat (PSR) di Sijunjung R24/saut Acara penanaman perdana kelapa sawit Program Sawit Rakyat (PSR) di Sijunjung

RIAU24.COM -  SIJUNJUNG - Koperasi Unit Desa (KUD) Kurnia Timpeh, Jorong Kurnia Kamang, Nagari Kamang Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan penanaman perdana kelapa sawit Program Sawit Rakyat (PSR), Rabu (11/3/2020).

Ketua KUD Kurnia Timpeh,  Sunaryo kepada wartawan  menjelaskan tahap pertama ini ditanam seluas 135 hektare dan tahap dua rencananya 56 hektare. Total keseluruhan rencana akan dibuka dan ditanam bibit sawit unggul bersertifikat seluas 500 hektare.


BACA JUGA : Perusahaan Penerbangan EasyJet Berencana Memangkas Ribuan Pekerjanya Sebagai Imbas Dari Pandemi


Sementara Sekretaris KUD Kurnia Timpeh, Aris menjelaskan petani sawit KUD Kurnia Timpeh ini dulunya merupakan petani program Kredit Koperasi Primer untuk Anggota (KKPA) dengan salah satu perusahaan sawit sekitar tahun 1998 dan 2.000. Namun pertumbuhan sawitnya tak bagus, dalam 1 hektare diperoleh panen tandan buah segar (TBS) sawit hanya sekitar 5 kwintal. 

Mitra kerja sama replanting sawit adalah PT Buana Orbit Sejahtera (BOS). Dalam penanaman perdana ini hadir Komisaris PT BOS Alexander Pranoto dan Dirut PT BOS Antoni. Kontrak tumbang cincang sawit tua dengan KUD Kurnia Timpeh disepakati tiga bulan, namun satu setengah bulan pekerjaan tumbang cincang tanaman sawit tua sudah selesai, pekerjaan lebih cepat dari kontrak yang disepakati.

Anggota DPRD Sijunjung Mukhlis mengucapkan terima kasih dengan adanya program PSR dari Dirjenbun ini. Dengan adanya program ini masyarakat bisa terbantu perekonomiannya. 

BACA JUGA : Bersiaplah, Negara Super Indah Ini Siap Memberikan Diskon Akomodasi Hingga 50 Persen Bagi Anda Jika Pandemi Virus Corona Berakhir

Sementara Ketua DPRD Sijunjung Bambang diwakili Ketua Komisi I Syarikal menyambut baik program replanting sawit di Jorong Kurnia Kamang, Nagari Kamang Kecamatan Kamang Baru. 

Dalam acara ini hadir Kadis Pertanian Sijunjung mewakili Bupati Sijunjung Ronaldi, Kadisbun Sumbar Candra, dan perwakilan Dirjenbun RI.***

 

R24/rls



Informasi Anda Genggam



Loading...