Tak Ada Gempa dan Tanda Apa Pun, Tiba-tiba Brasil Diterjang Tsunami, Kok Bisa?

Siswandi
Minggu, 15 Maret 2020 | 23:40 WIB
Kendaraan wisatawan yang terseret gelombang tsunami yang melanda Brasil. Foto: int R24/wan Kendaraan wisatawan yang terseret gelombang tsunami yang melanda Brasil. Foto: int

RIAU24.COM -  Bencana tsunami tiba-tiba menerjang wilayah Pantai Praia Do Cassino, Río Grande do Sul, Brasil, Minggu 15 Maret 2020 atau Sabtu waktu setempat. Gelombang tsunami datang menerjang saat pantai itu sedang padat wisatawan. Gelombang tsunami itu menyebabkan sejumlah kendaraan mengalami kerusakan parah. Sementara tidak ada korban jiwa dalam bencana ini.

Dilansir viva yang merangkum uoi, tsunami datang tiba-tiba tanpa didahului oleh guncangan gempa. Selain itu, tidak ada muncul peringatan bahwa kawasan itu akan dilanda tsunami.

Baca juga: Ayah Tujuh Anak Ini Lumpuh Setelah Disuntik Vaksin Johnson & Johnson

Bencana tsunami datang tiba-tiba tanpa diketahui, sejumlah wisatawan berlarian menyelamatkan diri dari gelombang yang datang menerjang.

Namun menurut ahli meteorologi, Estael Sias, tsunami yang menerjang pantai itu bukan disebabkan aktivitas letusan gunung api atau gempa bumi. Tapi karena ada fenomena atmosfer. Karena itu, tidak ada tampak gejala-gejala yang lazim terjadi sebelum tsunami, seperti air pantai yang surut, atau goncangan gempa.

Baca juga: Media Sosial India Dibanjiri Teriakan Bantuan Keluarga Penderita COVID-19 di Tengah Meningkatnya Kasus

"Hari ini ada front dingin yang menyebabkan badai kuat di laut yang mungkin menyebabkan gelombang yang, selaras dengan laut, menyebabkan tsunami tanpa menghasilkan gelombang tinggi, tetapi kemajuan laut ini di pantai," terangnya.

Estael mengatakan, tsunami yang terjadi kali ini biasa disebut tsunami meteorologis. Tsunami serupa pernah terjadi pada 2016 di Santa Catarina. Ketika itu, gelombang tsunami meteorologis juga melanda 20 kota lainnya di Brasil.

Sejumlah kendaraan milik wisatawan dilaporkan hancur akibat terjangan tsunami. Namun, sampai saat ini tak ada korban jiwa dalam bencana itu.***


Informasi Anda Genggam


Loading...