Euro 2020 Terpaksa Ditunda Hingga Musim Panas Mendatang

Devi
Rabu, 18 Maret 2020 | 16:39 WIB
Euro 2020 Terpaksa Ditunda Hingga Musim Panas Mendatang R24/dev Euro 2020 Terpaksa Ditunda Hingga Musim Panas Mendatang

RIAU24.COM -   Euro 2020 telah ditunda satu tahun hingga 2021 karena pandemi coronavirus. Badan sepak bola Eropa membuat keputusan saat konferensi video darurat yang melibatkan para pemangku kepentingan utama pada hari Selasa. Turnamen, yang akan berlangsung dari 12 Juni-12 Juli musim panas ini, sekarang akan berlangsung dari 11 Juni hingga 11 Juli tahun depan.

Penundaan ini memberikan peluang bagi liga-liga Eropa yang telah ditangguhkan untuk sekarang diselesaikan. Dengan memindahkan Kejuaraan Eropa, UEFA sekarang memiliki bentrokan dengan Kejuaraan Eropa Wanita, yang akan diadakan di Inggris pada tahun 2021, dimulai pada 7 Juli.

Liga Bangsa-Bangsa dan Kejuaraan U-21 Eropa juga dijadwalkan berlangsung musim panas mendatang.

Baca juga: Dikalahkan Watford, Norwich City Jadi Satu-satunya Tim Tanpa Poin Dari 5 Laga Premier League Inggris

UEFA mengatakan ketiga acara tersebut akan "dijadwal ulang sesuai", tetapi saat ini tidak jelas apakah itu melibatkan sedikit perubahan tanggal, atau penundaan besar-besaran.

Dalam menunda Euro 2020, UEFA mengatakan ingin menghindari "menempatkan tekanan yang tidak perlu pada layanan publik nasional" dari 12 negara tuan rumah, serta membantu memungkinkan kompetisi domestik selesai. "Kami berada di pucuk pimpinan olahraga yang dihidupi dan dihirup sejumlah besar orang oleh lawan yang tak terlihat dan bergerak cepat ini," kata presiden UEFA Aleksander Ceferin.

"Pada saat-saat seperti ini, komunitas sepakbola perlu menunjukkan tanggung jawab, persatuan, solidaritas, dan altruisme. Kesehatan para penggemar, staf, dan pemain harus menjadi prioritas nomor satu kami dan dengan semangat itu, UEFA mengajukan berbagai opsi sehingga kompetisi dapat berakhir musim ini dengan aman dan saya bangga dengan respons rekan-rekan saya di seluruh sepakbola Eropa. Ada semangat kerja sama yang nyata, dengan semua orang mengakui bahwa mereka harus mengorbankan sesuatu untuk mencapai hasil terbaik."

Ceferin mengatakan itu penting UEFA "memimpin proses dan membuat pengorbanan terbesar", menambahkan itu datang "dengan biaya besar" tetapi "tujuan atas keuntungan telah menjadi prinsip penuntun kami dalam mengambil keputusan ini untuk kebaikan sepakbola Eropa secara keseluruhan" .

Play-off kualifikasi Kejuaraan Eropa, yang dijadwalkan dimulai pada bulan Maret, untuk sementara telah dipindahkan ke bulan Juni. Mereka termasuk ikatan dua kaki antara Skotlandia dan Israel, Irlandia Utara dan Bosnia & Herzegovina, dan Republik Irlandia dan Slovakia.

Pertandingan internasional persahabatan yang akan dimainkan bulan ini juga telah didorong kembali hingga Juni.

UEFA mengatakan kelompok kerja akan memeriksa solusi kalender yang akan memungkinkan penyelesaian musim saat ini dan konsekuensi lain dari keputusan Selasa.

Di tempat lain, Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) mengatakan Copa America tahun ini, yang akan berlangsung mulai 12 Juni hingga 12 Juli, telah ditunda hingga 2021.

Badan pengatur dunia, FIFA mengatakan, Piala Dunia Klub yang baru diperluas, yang semula dijadwalkan berlangsung di China pada Juni 2021, akan ditunda dan tanggal baru diumumkan ketika "ada lebih banyak kejelasan mengenai situasi".

Organisasi ini juga akan menyumbangkan $ 10 juta (£ 8,3 juta) kepada World Health Organization (WHO) Covid-19 Solidarity Response Fund.

Baca juga: Sensasi Tim Promosi Berlanjut, Setelah Arsenal Kini Wolves Ikutan Jadi Korban Brentford

Liga Eropa berkomitmen untuk menyelesaikan musim paling lambat 30 Juni.  Banyak liga domestik Eropa - serta Liga Champions dan Liga Eropa - telah ditangguhkan menyusul peningkatan jumlah kasus virus corona di seluruh benua.

Para pemain dan pelatih juga telah terkena virus atau disuruh masuk sendiri, artinya liga harus ditutup.

Bagaimana liga-liga top Eropa bereaksi:

  • Liga Premier: Semua sepak bola elit di Inggris dibatalkan hingga 4 April dengan tunduk pada "kondisi saat itu".
  • La Liga: Penerbangan top Spanyol ditangguhkan hingga 4 April paling awal ketika akan "menilai kembali" situasi.
  • Serie A: Italia memiliki jumlah kasus terbanyak di Eropa dan negara ini terkunci.
  • Bundesliga: Ditangguhkan hingga setidaknya 2 April di Jerman.
  • Ligue 1: Game awalnya dimainkan secara tertutup di Prancis tetapi sekarang ditangguhkan "hingga pemberitahuan lebih lanjut".
  • Liga Eropa, yang mewakili liga sepak bola di seluruh benua, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menyelesaikan musim Eropa dan domestik paling lambat 30 Juni.

Turnamen mini untuk menentukan Liga Champions dan Liga Eropa diharapkan menjadi salah satu opsi yang diajukan untuk mengurangi kemacetan fixture yang disebabkan oleh krisis coronavirus.

Penjadwalan pertandingan domestik di tengah pekan bersama pertandingan Liga Champions atau bermain pertandingan Eropa di akhir pekan juga diharapkan akan disetujui.

Babak kualifikasi untuk turnamen Liga Champions 2020-21 dan Liga Eropa juga dapat disesuaikan untuk memperhitungkan kalender yang tertunda.

 

 

 

 

R24/DEV


Olahraga
Informasi Anda Genggam


Loading...