Pandemi Virus Corona, Dua Masjid Suci Makkah dan Madinah Tetap Buka untuk Shalat Jumat

Riki Ariyanto
Jumat, 20 Maret 2020 | 09:40 WIB
Pihak Kerajaan Arab Saudi memutuskan hanya Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah yang buka untuk shalat berjamaah (foto/int) R24/riki Pihak Kerajaan Arab Saudi memutuskan hanya Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah yang buka untuk shalat berjamaah (foto/int)
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Jumat 20 Maret 2020, Pihak Kerajaan Arab Saudi memutuskan hanya Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah yang buka untuk shalat berjamaah dan Jumat. Sementara tempay keramaian di luar masjid itu tidak lagi diizinkan untuk berdoa di daerah-daerah penuh sesak.

Baca juga: APR Gandeng Empat Mitra Pamerkan Produk Viscose-Rayon Berkelanjutan di Indo Intertex 2022



Seperti dilansir dari Okezone, langkah yang diambil untuk menahan penyebaran virus corona atau covid-19 itu diumumkan Pemerintah Arab Saudi beberapa saat sebelum pelaksanaan salat Jumat di kedua kota tersebut.

Sementara masjid lainnya sudah ditutup sementara untuk shalat berjamaah. Arab Saudi mengambil langkah itu agar memperlambat penyebaran virus corona. Ini langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara itu, demikian dilaporkan Russia Today, Jumat (20/3/2020).

Baca juga: Tragis! Empat Pria di India Disambar Petir, Begini Kondisinya Saat Ditemukan



Bagi umat Islam di dunia, Makkah dan Madinah dua kota paling suci bagi umat Islam. Makkah sendiri menarik sekira lima juta umat Islam setiap tahunnya selama musim haji dan umrah. Hanya saja, gara-gara pandemi virus corona pelaksanaan umrah sudah dihentikan sementara.

Hingga saat ini Arab Saudi sudah mencatat 274 kasus virus corona, meskipun belum ada laporan korban meninggal dunia. Kerajaan Arab Saudi sudah menutup bisnis dan menghentikan semua penerbangan internasional. (Riki)


Informasi Anda Genggam


Loading...