riau24

Waspada Virus Corona, DPRD Riau Tidak Terima Kunjungan Dari Luar Daerah dan Tidak Lakukan Kunker

Senin, 23 Maret 2020 | 11:03 WIB
Waspada Virus Corona, DPRD Riau Tidak Terima Kunjungan Dari Luar Daerah dan Tidak Lakukan Kunker R24/riko Waspada Virus Corona, DPRD Riau Tidak Terima Kunjungan Dari Luar Daerah dan Tidak Lakukan Kunker

RIAU24.COM -  Pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Riau melaksanakan konfrensi pers digedung Parlemen menyikapi musibah internasional wabah virus Corona (Cobid19).

 


BACA JUGA : Cegah Covid-19, Penyemprotan Desinfektan Dilakukan Serentak di Pelalawan


 

Pimpinan DPRD Riau Zukri menyatakan Internal DPRD tidak akan menerima kunjungan dari luar Provinsi Riau serta tidak akan melakukan kunjungan kerja ke luar Provinsi Riau.
 

 

Selain itu Dewan juga menunda sejumlah kegiatan kedewanan yang telah diagendakan sebelumnya termasuk rapat paripurna penyampaian LKPJ kepala daerah tahun 2019 yang seyogyanya dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2020.

"Fraksi-fraksi di internal DPRD Riau sudah sepakat tidak menerima kunjungan kerja baik Anggota dewan maupun pengunjung lainnya dari luar daerah provinsi Riau. Begitu juga sebaliknya kami Anggota dewan tidak akan melakukan kunjungan ke luar daerah provinsi Riau," Kata Zukri saat konferensi pers Kamis 19 Maret 2020 di gedung DPRD Riau.

 

Kebijakan ini dilaksanakan menurut Zukri untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona yang terjadi saat ini di Indonesia termasuk Provinsi Riau.

 

Zukri menjelaskan, sebagaimana yang disampaikan pemerintah pusat bahwa sudah terdapat masyarakat Riau yang positif terdampak virus Corona.

 

"Kesepakatan tidak menerima kunjungan termasuk melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) kita sepekati hingga kondisi membaik," ungkapnya.
 

 

Dewan menghimbau pemerintah provinsi Riau untuk meninjau dan memastikan diserap fasilitas publik tersedia alat pengecekan suhu tubuh dan hand sanitizer. Kemudian setiap rumah sakit rujukan  yang telah ditetapkan pemerintah untuk tanggap dan responsif menangani pasien positif atau yang masih terpapar virus corona.
 

 

"Kita minta masyarakat dan pemerintah untuk memastikan semua pembiayaan dalam proses tanggap darurat virus corona tidak dipungut biaya alias gratis," ujar Zukri.

 

Sementara itu hal yang sama juga dikatakan Plt Sekwan DPRD Riau Muflihun bahwa DPRD Riau menunda semua jadwal sidang paripurna dan perjalanan dinas anggota dewan sampai akhir bulan ini. 

 

"Selain menunda agenda paripurna dan perjalanan dinas dewan, kita juga mengatur pola kerja di lingkungan setwan. Seperti Pekerjaan-pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah boleh dilakukan di rumah. Khusus yang bertugas di bagian pelayanan jadwalnya sedang disiapkan agar tidak mengganggu kinerja kita dalam memberikan pekayanan kepada para anggota dewan, "kata Plt Sekwan DPRD Riau, Muflihun. Selasa 17 Maret 2020. 

Terkait pencegahan gedung dewan sendiri dari corona, Uun mengatakan pihaknya akan menyiapkan alat pemindai suhu tubuh atau Thermal Scanner untuk mensterilkan setiap tamu yang berkunjung.

 

”Jadi kalau kita pakai alat pemindai panas tubuh kita hanya boleh mengakses satu pintu saja untuk keluar masuk gedung DPRD. Ini aturannya," ujar Uun.

 

BACA JUGA : Naik Hingga 30 Persen, Bapenda Pekanbaru Sukses Lampaui Target Triwulan Pertama Tahun 2020

 

Uun juga mengaku pihaknya juga kesulitan mendapatkan thermal scanner karena habis di Pekanbaru sehingga terpaksa memesan diluar kota. Namun Ia berupaya bisa mendapatkan alat tersebut. 

 

"Semua kantor dan lembaga membutuhkannya. Jadi alatnya kosong saat ini di Pekanbaru. Terpaksa kita pesan di luar kota. Bahkan untuk gel pencuci tangan dan masker saja saat ini sulit ditemukan, apalagi alat pemundai sugu tubuh," jelas Uun. (adv)

Penulis: R24/riko



Loading...