riau24

WNA Asal Italia Masuk ODP di Siak, Ini Penjelasannya

Lina
Selasa, 24 Maret 2020 | 20:51 WIB
Seorang Warga Negara Asing asal Italia masuk dalam daftar Orang Dalam Pengawasan (ODP) Virus Corona atau COVID-19 di Kecamatan Kerinci Kanan (foto/Lin) R24/lin Seorang Warga Negara Asing asal Italia masuk dalam daftar Orang Dalam Pengawasan (ODP) Virus Corona atau COVID-19 di Kecamatan Kerinci Kanan (foto/Lin)

RIAU24.COM - SIAK- Seorang Warga Negara Asing asal Italia masuk dalam daftar Orang Dalam Pengawasan (ODP) Virus Corona atau COVID-19 di Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak yang rencananya akan kembali ke negaranya namun tidak bisa.

"Di Kerinci Kanan orang Italia, istrinya orang sini. Kemarin mau berangkat tapi tak bisa, jadi pulang lagi ke Kerinci Kanan. Itu ODP," kata Bupati Siak, Alfedri usai video conference bersama camat-camat, Selasa.


BACA JUGA : Pansus LKPJ, Bupati Siak Minta OPD Tindak Lanjuti Rekomendasi DPRD




Oleh karena itu dia meminta kepada camat dankepala pusat kesehatan masyarakat untuk mendatangi dan memantau. Kemudian meminta ODP tersebut agar melakukan isolasi secara mandiri.

Selanjutnya jika memang tidak ada apa-apa agar dikeluarkan dari daftar ODP. Tapi kalau ada gejala maka akan menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) dan dirawat lebih lanjut di rumah sakit.

BACA JUGA : DPRD Siak Gelar Paripurna, Penyampaian Hasil Reses Anggota Dewan



Selain di Kerinci Kanan, WNA yang masuk daftar ODP juga ada di Kampung Benteng Hulu, Kecamatan Mempura. Keduanyawarga negara Malaysia dan menurut camatnya setiap hari telah dilakukan pemantauan dan pengawasan oleh petugas kesehatan dan Babhinkamtibmas.

Terkait jumlah ODP di Kabupaten Siak pada Senin lalu disampaikan berjumlah 56 orang. Namun untuk hari ini belum dilakukan rekapitulasi dan diperkirakan lebih dari itu karena di Kecamatan Sungai Apit saja jumlahnya sekarang 63.

"ODP ini ada yang baru pulang dari Malaysia dan luar daerah Riau," ungkap Alfedri.

Di daerah lain seperti Kecamatan Sabak Auh 16 orang dan Kecamatan Dayun ODP sebanyak 15 orang. Kecamatan Bungaraya 14 orang terdiri dari tujuh orang baru pulang dari Malaysia dan selebihnya dari luar daerah seperti dari Jakarta dan Bogor.

Di Kecamatan Pusako diketahui ada juga enam orang yang baru pulang dari luar negeri. Jumlah ODP kemungkinan masih bertambah lagi dari kecamatan-kecamatan di Siak yang jumlahnya 14. (R24/Lin)



Informasi Anda Genggam



Loading...