riau24

Cara Membuat Kue Lapis Supaya Tidak Lembek

M. Iqbal
Senin, 30 Maret 2020 | 09:14 WIB
Ilustrasi/net R24/ibl Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Bagi anda yang masih berada di rumah hari ini, anda bisa membuat kue lapis untuk keluarga. Umumnya, kue lapis terbuat dari bahan dasar tepung beras. Namun, jika ingin membuat kue lapis dengan tekstur yang lebih kenyal, anda bisa menambahkan campuran tepung ketan dan tapung tapioka.

Berikut ini resep membuat kue lapis yang tidak lembek yang dilansir dari Fimela.com.


BACA JUGA : 3 Zodiak Ini Diprediksi Akan Beruntung di Bulan Juni


Bahan-bahan:
pewarna cokelat secukupnya
1/2 sdt garam
1 sdm cokelat bubuk
2 lembar daun pandan
2 sdm tepung beras
150 gram tepung tapioka
300 gram gula pasir
300 gram tepung ketan
750 ml santan kelapa

BACA JUGA : Resep Es Jagung Jelly

Cara membuat:
1. Gunakan Tepung Ketan untuk Menghasilkan Tekstur Kue yang Kenyal

Rasio tepung ketan lebih banyak daripada rasio tepung beras dan tepung tapioka. Dengan menggunakan tepung ketan, kue lapis yang kita buat akan terasa lebih kenyal.

2. Santan Kelapa Direbus Sampai Mendidih
santan kelapa

Siapkan panci. Didihkan santan kelapa, gula, daun pandan, dan garam. Rebus sambil sesekali diaduk sampai mendidih. Sisihkan.

3. Bahan Tepung Dicampur Rata

Bila perlu, ayak masing-masing bahan tepung sampai halus. Tepung ketan, tepung tapioka, dan tepung beras dicampur rata. Pastikan semua bahan tepung tercampur rata sebelum dicampur dengan bahan lain atau diuleni.

4. Uleni Bahan Tepung dengan Santan

Tuangkan santan ke bahan tepung sedikit demi sedikit. Uleni dengan menggunakan centong sampai benar-benar kalis dan lembut. Setelah itu bagi adonan jadi dua, salah satunya diberi pewarna cokelat.

5. Kukus Berselang

Siapkan cetakan kue lapis yang diolesi minyak. Panaskan pengukus dan lapisi tutupnya dengan lap bersih supaya uap air tidak menetes. Tuang 1 sendok sayur adonan lapis warna putih, kukus selama kurang lebih 5 menit. Lalu tuang 1 sendok sayur adonan lapis warna cokelat. Kukus selama 5 menit. Lakukan proses pengukusan berselang-seling warna. Setelah adonan habis, kukus lagi selama 20 menit. Angkat dan biarkan dingin.


Resep

Informasi Anda Genggam



Loading...