riau24

Bukan Virus Corona, Abad Ke-13 Wabah Ini Gemparkan Dunia Bikin 25 Juta Orang Mati

Riki Ariyanto
Senin, 30 Maret 2020 | 11:34 WIB
The Black Death atau maut hitam (foto/ilustrasi) R24/riki The Black Death atau maut hitam (foto/ilustrasi)

RIAU24.COM - Senin 30 Maret 2020, Virus corona atau Covid-19 telah banyak menginfeksi manusia di muka bumi. Tapi tahukah, ada banyak wabah atau pandemi yang mengerikan pernah terjadi di dunia.

Dilansir dari berbagai sumber, wabah tersebut dinamakan The Black Death atau maut hitam. Mewabah pada 1346-1353 dan disebabkan oleh bakteri Yersinia Pestis.


BACA JUGA : Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Pria Inilah Pembuka Jalan Penjajahan Belanda Di Nusantara




Saking mengerikannya The Black Death sudah menyebabkan kematian dengan angka 25 juta jiwa di seluruh dunia. Penyakit itu disebabkan sebuah bakteri Yersinia Pestis disebarkan oleh kutu binatang pengerat seperti tikus atau marmut.

Wabah yang dibawa kutu yang menumpang pada tikus di atas kapal itu menghancurkan tiga benua sekaligus yakni Eropa, Asia, hingga Afrika.

BACA JUGA : Ternyata Karena Buku Inilah Indonesia Dikenal Dunia dan Dijajah Hingga 350 Tahun Oleh Belanda



Penamaan Black Death atau Maut Hitam dianggap berasal dari gejala khas dari penyakit itu, yang mana kulit penderita menghitam diakibatkan pendarahan subdermal.

Parahnya pada abad Ke-13 itu perdagangan dunia sedang berada di puncak. Fatalnya itu malah memudahkan sebaran wabah itu akhirnya merengut korban 25 juta jiwa. (Riki)



Informasi Anda Genggam



Loading...