riau24

Besok Angkutan Luar Kota Wajib Masuk Terminal Dumai

Rizal
Kamis, 02 April 2020 | 11:23 WIB
Mulai Jumat 3 April 2020, seluruh angkutan penumpang umum di Dumai wajib masuk Terminal Tipe A (TTA) Dumai (foto/int) R24/zal Mulai Jumat 3 April 2020, seluruh angkutan penumpang umum di Dumai wajib masuk Terminal Tipe A (TTA) Dumai (foto/int)

RIAU24.COM - DUMAI- Mulai Jumat 3 April 2020, seluruh angkutan penumpang umum di Dumai wajib masuk Terminal Tipe A (TTA) Dumai. Hal tersebut diputuskan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) seluruh pemangku kepentingan pelayanan jasa angkutan penumpang yang ada di Dumai dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 khusus di bidang transportasi darat.




BACA JUGA : BPOM Dumai Nyatakan Seluruh Sampel Takjil di Dumai Aman dari Bahan Berbahaya



Dalam rapat yang dipimpin langsung Asisten III Sekko Dumai H Khairil Adli, di Ruang Kerja kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Rabu (1/4/2020) dicapai kesepakatan bahwa dalam rangka pencegahan penularan virus Covid-19, akan dimulai dari TTA Dumai dan ditangani secara bersama.

BACA JUGA : Penyandang Disabilitas Terima Bantuan Dari Ketua DPRD Dumai



Adapun unsur yang terlibat diantaranya Dishub, Kota Dumai, Dishub Provinsi Riau, Dinas Kesehatan, Polresta Dumai, Organda Kota Dumai dan BPTD IV selaku pengelola TTA Dumai.

“Kami dari BPTD IV sangat mendukung rencana Pemko Dumai untuk melaksanakan pencegahan penularan Covid-19 di Kota Dumai dengan memusatkan aktifitas seluruh angkutan penumpang umum ke TTA Dumai. Dari BPTD IV kami akan mendukung seoptimal mungkin sesuai dengan kemampuan sumber daya kami,” tegas Kasi LLAJ BPTD IV Riau-Kepri Efrimon.

Kementerian Perhubungan, ujar Efrimon, telah menerbitkan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Bidang Tranportasi Darat.

“Memang Dirjen telah menerbitkan SOP pencegahan penyebaran Covid-19 khusus di bidang transportasi darat, dan SOP ini akan kita terapkan dalam mendukung kebijakan Walikota Dumai,” kata Efrimon.

Sebagai titik sentral dan awal, seluruh kendaraan angkutan penumpang (AKAP, AJAP, AKDP dan AJDP) serta penumpangnya akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh serta penyemprotan disinfectan.

“Khusus bagi kendaraan, seluruh operator bertanggungjawab atas penyemprotan disinfectan bagi kendaraan masing-masing, baik ketika kedatangan maupun keberangkatan,” tegasnya.

Sedangkan, penumpang dilakukan pengukuran suhu tubuh dan pendataan. Hal terebut dilaksanakan bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Dumai yang juga akan membawa tenaga medis berikut dengan peralatannya.

“Semua pemangku kepentingan bersinerji, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Dumai. Kita memulainya dari terminal, karena disinilah awal dari seluruh pergerakan masyarakat,” ungkap Khairil Adli dalam Rakor yang dihadiri Kabid Angkutan Dishub Riau, Dishub Dumai, Sekretaris Diskes Dumai dr. Syaiful, Perwakilan Polresta Dumai, Organda Kota Dumai, serta Kasi TSDP BPTD IV Riskan dan Korsatpel TTA Dumai Afrinaldi. (rilis/Zal)



Informasi Anda Genggam



Loading...