riau24

Kabar Tujuh Orang Positif Rapid Test, Ini Kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulan Covid-19 Dumai

Rizal
Senin, 06 April 2020 | 12:52 WIB
dr Syaiful ( Kepala Gugus Tugas Penanggulangan Covid19 kota Dumai (foto/Zal) R24/zal dr Syaiful ( Kepala Gugus Tugas Penanggulangan Covid19 kota Dumai (foto/Zal)

RIAU24.COM - DUMAI- Gugus Tugas Percepatan Penanggulan Covid-19 Kota Dumai telah memanfaatkan 100 rapid test kit dari Pemprov Riau untuk melakukan skrining awal terhadap mereka yang beresiko tinggi terpapar Covid-19. Hasilnya, 7 orang dinyatakan positif terpapar virus. Sementara untuk positif berdasarkan hasil swab, baru 1 orang.

“Untuk saat ini, kasus positif berdasarkan swab baru 1 orang. Belum ada penambahan. Memang ada 7 kasus positif berdasarkan hasil rapid test. Namun belum bisa jadi patokan. Masih perlu dilanjutkan dengan swab,” kata PLT Kadis Kesehatan Kota Dumai, H Syahrinaldi Senin (06/04/2020).


BACA JUGA : BPOM Dumai Nyatakan Seluruh Sampel Takjil di Dumai Aman dari Bahan Berbahaya




Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulan Covid-19 Kota Dumai, dr H Syaiful menjelaskan, meski hasil rapid test menunjukkan hasil positif, belum bisa dipastikan positif corona.

“Rapid test hanya untuk skrining atau penyaringan awal bagi mereka yang beresiko. Sementara itu untuk mendiagnosis seseorang terinfeksi COVID-19, hasil pemeriksaan swab lah yang digunakan,” katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Dumai ini juga menjelaskan soal 7 orang yang positif terpapar virus berdasarkan rapid test tersebut. 

“Satu diantaranya terkait kasus positif 01. Setelah dilakukan tracking contact, ada 15 orang yang perrnah melakukan kontak dengan positif 01. Setelah dilakukan skrining rapid test, 1 orang dinyatakan positif,” paparnya

BACA JUGA : Penyandang Disabilitas Terima Bantuan Dari Ketua DPRD Dumai

Selanjutnya terhadap sebagian PDP juga dilakukan rapid test. Hasilnya 2 orang dinyatakan positif. 

“Terhadap mereka yang dianggap potensial, juga dilakukan skrining. Hasilnya sebanyak orang dinyatakan positif. Dengan demikian, total ada 7 orang positif yang harus kita lanjutkan dengan swab untuk memastikan apakah corona atau bukan,” ujarnya.

Terhadap 7 orang yang positif berdasarkan hasil rapid test sudah ditindaklanjuti dengan swab. Hasilnya baru akan diketahui 10 hari berikutnya.

“Kepada mereka juga sudah diminta melakukan karantina. Untuk bergejala ringan, kita minta karantina mandiri, gejala ringan di Rumah Sakit Darurat dan berat di Rumah Sakit Rujukan,” kata Syaiful. (R24/Zal)



Informasi Anda Genggam



Loading...