Lawan Virus Corona, Selain Jam Malam, Arab Saudi Kerahkan Drone Cek Suhu Panas Warga

Riki Ariyanto
Selasa, 07 April 2020 | 17:01 WIB
Tampak suhu tubuh warga di Arab Saudi dipantau lewat drone termal (foto/int) R24/riki Tampak suhu tubuh warga di Arab Saudi dipantau lewat drone termal (foto/int)
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Selasa 7 April 2020, Bukan cuma jam malam, pihak berwenang di Madinah, Arab Saudi kerahkan drone termal dalam penanganan wabah virus corona atau covid-19. Drone termal untuk memantau suhu warga yang berada di ruang terbuka.

Baca juga: APR Gandeng Empat Mitra Pamerkan Produk Viscose-Rayon Berkelanjutan di Indo Intertex 2022



Dilansir dari Okezone, drone itu dilengkapi dengan kamera termal yang beroperasi memakai kecerdasan buatan, menurut laporan dari Saudi Press Agency.

Surat kabar al-Riyadh melaporkan kamera termal itu bisa memonitor hingga 24 orang per detik. Kalau seseorang terpantau punya suhu tinggi atau panas, mereka bakal ditolak masuk ke pasar dan disarankan segera periksa diri ke tenaga medis.

Baca juga: Tragis! Empat Pria di India Disambar Petir, Begini Kondisinya Saat Ditemukan



Sebenarnya teknologi drone termal juga telah diterapkan oleh kota madya wilayah Qassim di Arab Saudi tengah. Pemakaian drone upaya Kerajaan Arab Saudi perlambat penyebaran virus corona.

Hingga Selasa, (7/4/2020) tercatat 2.752 positif terjangkit virus corona atau covid-19. Dengan 38 di antaranya meninggal dunia dan 551 sudah dinyatakan sembuh.

Namun jam malam tetap diberlakukan di kota-kota besar termasuk Jeddah, Mekah, Riyadh, dan Madinah. (Riki)


Informasi Anda Genggam


Loading...