riau24

Simpang Siur Info Corona Antara Pemko Pekanbaru dan Pemprov Riau, Jubir Covid-19: Kita Berpegang Data Pusat

M. Iqbal
Kamis, 09 April 2020 | 20:03 WIB
Ilustrasi/net R24/ibl Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui juru bicara (Jubir) Covid-19 Pekanbaru mengumumkan adanya penambahan kasus pasien positif corona di Kota Pekanbaru. Berbeda dengan data pusat maupun Pemprov Riau, pasien covid-19 di Riau tidak ada penambahan.

Dalam keterangan persnya, Jubir Covid-19 Pekanbaru, dr Mulyadi mengatakan, data pasien positif corona terbaru diterima Kamis 9 April 2020, pukul 16.00 WIB.

"Data itu dikirim pusat ke Dinkes Pekanbaru. Pasien warga Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sail. Kami sudah boleh mengumumkan," ucap dr Mulyadi hari ini.

Dia mengatakan, satu penambahan pasien terkonfirmasi positif corona berinisial HS, seorang wanita berusia 46 tahun yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.


BACA JUGA : Zulfi Minta Pemko Pekanbaru Tegas Soal Adanya Pedagang dan Warga Berkumpul di RTH Kaca Mayang Pada Masa PSBB


Sementara itu, Jubir Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi memberikan pernyataan berbeda. Ia mengatakan, tidak ada penambahan pasien positif corona di Riau.

"Kita tetap berpegang ke data pusat, kalau ada penambahan resmi dari pusat dan ada email resmi baru kita umumkan ke media dan masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan, prosedur informasi data pasien terkonfirmasi positif corona itu disampaikan pemerintah pusat melalui email.

"Kami dikabarkan dari pusat pakai email resmi, kemudian kami menunggu Jubir Covid-19 Nasional mengumumkan. Kalau dari data nasional sudah tampak pertambahan jumlah, baru kami umumkan di provinsi," jelasnya.

BACA JUGA : Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Anggota DPRD Riau Sunaryo Sarankan Riau Tidak Menerapkan Kebijakan New Normal

"Hal ini untuk menghindari miskomunikasi, karena kita ingat beberapa kali ada kesalahan penyebutan (data pasien positif) antara Riau dan Kepri oleh Jubir Nasional," pungkasnya.

Menyoal keterangan dari Jubir Covid-19 Pekanbaru yang menyatakan ada penambahan positif corona itu, dr Indra Yovi menyarankan untuk mengkonfirmasi langsung ke Tim Gugus Tugas Covid-19 Pekanbaru. "Baiknya konfirmasi ke Pemko," kata dia singkat.



Informasi Anda Genggam



Loading...