Berbanding Terbalik dengan Sumur Zamzam, Segala Macam Kejelekan Melekat Pada Sumur Ini, Begini Kisahnya

Siswandi
Senin, 11 Mei 2020 | 11:39 WIB
Begini penampakan Sumur Barhut di Hadramaut, Yaman. Foto: int R24/wan Begini penampakan Sumur Barhut di Hadramaut, Yaman. Foto: int
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Ada beberapa tempat di bumi, yang hingga kini masih menyisakan misteri. Salah satunya adalah sumur Barhut, yang berada di lembah padang pasir bernama Barhut di Hadrmaut, Yaman. Entah apa sebabnya, segala macam kejelekan seolah melekat pada sumur ini. Namun hingga saat ini, belum yang sampai dikupas tuntas oleh peneliti. 

Dilansir viva yang merangkum ikutrame, salah satu keyakinan yang masih bertahan tentang sumur ini adalah, bahwasanya Sumur Barhut bukan digali oleh manusia, tetapi dengan bantuan bangsa jin. Bahkan, sumur ini adalah sebagai sumber air paling buruk di dunia.

Baca juga: Ini Resep Lotus Brownies Cheesecake Mudah dan Mewah

Sedangkan kabbos menuliskan, sumur Barhut ini memiliki luas 100 meter persegi dengan kedalaman sekitar 250 meter. Sumur ini dibuat oleh bangsa jin. Tujuan awal pembuatan sumur ini menurut cerita adalah sebagai tempat menyembunyikan harta raja Himyarite, yang memerintah wilayah tersebut.

Tak hanya itu, sumur ini juga disebut-sebut sebagai tempat awal munculnya kehancuran dunia, dan menjadi tempat paling tidak bisa ditinggali. Bahkan, tidak ada orang yang bisa tidur, jika berada di lokasi tersebut. 

Selain itu, laduni.id, melansir, berdasarkan sebuah hadis dari Ibnu Abbas RA menyebutkan: arwah orang mu'min itu di Jabiyah - negeri Syam. Sedagkan arwah orang kafir di lembah atau sumur Barhut - di hadhoromaut - Yaman selatan. Namun tidak ada keterangan yang menyebutkan apakah hadis ini benar atau palsu. 


Selain itu, ada juga hadis lain yang menyebutkan Rasulullah SAW juga pernah berkomentar terkait keberadaan sumur ini. Namun belum dapat dipastikan, apakah hadis ini benar atau palsu.

Artinya, bisa dikatakan sebagai berikut: Sebaik-baik air di atas permukaan bumi ini adalah air zamzam, karena di dalamnya terdapat zat yang dapat mengenyangkan dan obat dari penyakit. Begitu juga seburuk-buruknya air di atas permukaan bumi adalah air dari sumur Barhut yang terletak di Hadramaut, seperti kumpulan belalang, yang di pagi harinya sumur tersebut memancarkan air kemudian pada sore harinya mengering yang tidak terdapat berkas basah apapun di atasnya".

Baca juga: 8 Fakta Mempesona Tentang Hogwarts, Sekolah Sihir yang Ada di Film Harry Potter

Berdasarkan beberapa pengalaman orang-orang yang pernah berada di sana mengatakan, berada di dekat sumur tersebut akan mencium bau busuk dan tidak mengenakkan.

Untuk diketahui, Barhut sendiri memiliki arti yang dalam bahasa Himyar kuno adalah kota bangsa jin. Seperti dijelaskan di atas, sumur ini digunakan untuk menyembunyikan harta raja yang berkuasa pada saat itu.

Meskipun masih banyak perbedaan pendapat tentang sumur tersebut di kalangan para ulama namun menurut Syeik Umar Mushoibah, salah satu ulama di Kota Tarim, Yaman, mengatakan, memang banyak makhluk dari kalangan jin yang menempati lembah tempat sumur itu berada.  ***


Informasi Anda Genggam


Loading...