Dipersip Kuansing Terus Lakukan Tata Kelola Perpustakaan

Replizar
Minggu, 17 Mei 2020 | 17:49 WIB
Dipersip Kuansing Terus Lakukan Tata Kelola Perpustakaan (foto/Zar) R24/zar Dipersip Kuansing Terus Lakukan Tata Kelola Perpustakaan (foto/Zar)

RIAU24.COM - KUANSING- Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kuantan Singingi, akan melakukan Peningkatan Manajemen dan Tata Kelola Arsip Perpustakaan, agar menjadi lebih baik.

Maka telah disiapkan sebanyak delapan orang tenaga profesional yang handal, untuk melayani masyarakat sesuai dengan bidang ilmunya masing - masing. " Mereka itu nantinya akan kita magang kan beberapa bulan di Pemprov Riau,  agar siap bekerja lebih baik dan profesional, karena SDM yang handal menjadi prioritas utama," Ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kuantan Singingi Marwan, S.Pd. MM ketika dihubungi wartawan.

Baca juga: Plt Bupati Kuansing Lantik Pejabat Eselon III dan Fungsional, Inilah Rinciannya



Marwan juga sangat optimis bahwa menjelang difungsikannya gedung perpustakaan megah (berlantai empat), dan bertaraf nasional itu nantinya, maka harus sudah dipersiapkan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelolanya.

Dikatakannya, untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ke depannya, tentu sangat diharapkan bantuan pihak semua pihak, terutama dari Pemprov baik berupa bimbingan maupun sarana prasarana pelengkap lainnya.

"Pemkab telah melakukan berbagai terobosan untuk memenuhi standar nasional pelayanan perpustakaan, semua ke depan akan berbasis IT, sesuai dengan tuntutan era modern dan globalisasi," ujarnya.

Baca juga: DPRD Kuansing Pertanyakan Harga Sawit PT TAL Dibawah Rp 2000, Diketahui Saat Sidak



Menurut Marwan, permohonan sudah disampaikan ke Pemerintah Provinsi Riau terutama Dinas Perpustakaan. Alhamdulilah mendapat respon positif dan bahkan siap membantu walaupun secara bertahap. " Kadis Perpustakaan Riau Rahimah mengatakan, pihaknya telah melakukan monitoring melalui vidio konferens pada Jumat 15 Mei 2020, sejumlah permohonan dari Kuansing akan dipertimbangkan dan dibantu. Kami juga sudah memahami, dan mencatat kebutuhan daerah, secara bertahap di realisasikan," ujarnya.

Namun demikian, Kuansing diharapkan mampu mengoptimalkan perpustakaan desa, kecamatan, agar proses pembelajaran, minat baca masyarakat lebih tinggi dan optimal, sebagaimana disebutkan telah memiliki tujuh perpustakaan kecamatan. Berkaitan dengan proses magang tenaga kerja (SDM) dari Kuansing, akan diprioritaskan, karena ini untuk meningkatkan kinerja melayani masyarakat nantinya.


Informasi Anda Genggam


Loading...