Dubesnya Tewas, China Kirim Tim Penyidik ke Israel

Riko
Senin, 18 Mei 2020 | 10:21 WIB
Ilustrasi/int R24/riko Ilustrasi/int

RIAU24.COM -  Beijing dilaporkan akan mengirim tim penyidik ke ke Israel. Pengiriman itu untuk menyelidiki penyebab Duta Besar (Dubes) China untuk Israel, Du Wei, 58 yang ditemukan tewas di apartemennya di Herzliya, utara Tel Aviv, kemarin. 

Baca juga: Tampan dan Cantik Penuh Pesona, Bae Suzy dan Jin BTS Diharapkan Bintangi Drama Bersama

Keputusan Beijing untuk mengirim tim penyelidik ke Israel dilaporkan Times of Israel, Senin 18 Mei 2020. Namun, belum diketahui kapan tim tersebut diberangkatkan. 

Kementerian Luar Negeri China sendiri dalam kesimpulan awal mengatakan Du Wei meninggal karena masalah kesehatan. "Vonis awal adalah Duta Besar Du Wei meninggal secara tak terduga karena alasan kesehatan. Detailnya menunggu konfirmasi lebih lanjut," kata kementerian tersebut.

Menurut laporan Haaretz yang disalur dari Sindonews mengatakan, tim khusus itu akan melakukan penyelidikan independen dan juga akan mengatur pemulangan jenazah korban ke China untuk dimakamkan. Perwakilan keluarga, lanjut laporan itu, akan bergabung dengan tim khusus.

Tim khusus itu tidak akan diminta untuk menjalani periode karantina 14 hari yang biasanya diwajibkan bagi para pendatang setelah tiba di Israel mengingat pandemi virus corona baru.

Kementerian Luar Negeri Israel sebelumnya mengumumkan kematian Dubes Du Wei. Menurut kementerian itu, para polisi telah dikerahkan ke lokasi kejadian untuk penyelidikan awal.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Tak Diizinkan Ganti Bohlam Lampu Rumah, Alasannya Karena Ini

Kematiannya juga terjadi hanya dua hari setelah dia mengecam komentar Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Michael Pompeo yang memperingatkan Israel agar berhati-hati dengan investasi China. Pompeo juga menuduh China menyembunyikan informasi tentang pandemi virus corona baru.


Informasi Anda Genggam


Loading...