Momen Seorang Kakek di Bandung Tak Berdaya Digeledah dan Diinterogasi Militer Belanda

Riki Ariyanto
Jumat, 22 Mei 2020 | 17:10 WIB
Momen Seorang Kakek di Bandung Tak Berdaya Digeledah dan Diinterogasi Militer Belanda (foto/int) R24/riki Momen Seorang Kakek di Bandung Tak Berdaya Digeledah dan Diinterogasi Militer Belanda (foto/int)

RIAU24.COM - Banyak orang Indonesia pada masa penjajahan Belanda mengalami penindahan. Hanya orang-orang pribumi yang mau berkomplot dengan Belanda lah yang mendapat jaminan hidup lebih baik.

Namun meski proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, tahun-tahun berikutnya Belanda masih melakukan agresi militer. Berupaya kembali menjajah Indonesia sepeninggal Jepang yang sudah kalah perang.

Baca juga: Kader Bela Istri AHY yang Viral Karena Ayat Al Quran, Dede Budhyarto: Kerjaan Sampingan



Akun instagram @potolawas termasuk yang sering berbagi momen bersejarah itu. "Seorang kakek diinterogasi oleh tentara Belanda yang tengah melakukan patroli di daerah Bandung saat agresi miiter Belanda sekitar 21 Juli 1947," tulis @potolawas pada keterangan foto.

Baca juga: Ribuan Warga Indonesia Meninggal Saat Jalani Isolasi Mandiri, Budi Gunadi Sadikin : Covid-19 Bukan Sakit Aib



Langsung saja netizen atau warganet memberikan ragam komentar. @ts_fransisca: "Kasian liat kakek ini enggak berdaya masih menghadapi tentara blnda...semoga kakek sdh bhagia disurga.amin."

@yusfmlik: "Lebih baik belanda di banding jepang."

@randykaryntm: "Ebuset taun 1947 aja udah r Tua."

@xshahabs: "Orang pribumi kelian ngenesZ ya jaman dulu bayangin aja berperang aja cuma pake bambu runcing."

@rakahafld14: "Pernah baca di buku sejarah di zaman Belanda rakyat kita terbelah dua. Kalau pro Belanda hidupnya bakal mewah. Kalau kontra Belanda akan dihukum. Lucunya oknum yg pro Belanda inilah yg bertugas menghukum. Jadi karena praktik adu domba kayak gini bikin Belanda awet. Karena banyak banget penghianat dari kita sendiri."


Informasi Anda Genggam


Loading...