riau24

Berhati-Hatilah Jika Kulit Anda Menunjukkan Delapan Gejala Seperti Ini, Ada Penyakit Serius yang Mengintai Tubuh Anda

Devi
Jumat, 22 Mei 2020 | 21:32 WIB
Berhati-Hatilah Jika Kulit Anda Menunjukkan Delapan Gejala Seperti Ini, Ada Penyakit Serius yang Mengintai Tubuh Anda R24/dev Berhati-Hatilah Jika Kulit Anda Menunjukkan Delapan Gejala Seperti Ini, Ada Penyakit Serius yang Mengintai Tubuh Anda

RIAU24.COM -  Masalah kesehatan dapat dengan mudah diidentifikasi oleh penampilan kita, dan kulit kita adalah salah satu indikator utama. Itulah mengapa sangat penting untuk menyadari sinyal yang dapat diberikan kulit kita kepada kita. Kami di Riau24.com seperti dilansir dari BrightSide mengumpulkan masalah kulit paling umum yang dapat muncul jika ada sesuatu yang salah di dalam tubuh Anda.

8. Bintik gelap
Bintik-bintik gelap yang tiba-tiba muncul di kulit Anda bisa menjadi gejala kekurangan adrenal atau penyakit Addison.

Penderita penyakit ini bisa merasakan sakit pada otot dan persendian dan kehilangan nafsu makan. Mereka memiliki tekanan darah rendah dan gula darah rendah. Semua gejala ini bisa sangat berbahaya. Jika Anda memilikinya, segera buat janji dengan dokter.


BACA JUGA : Hasil Penelitian Ungkap Virus Corona Menjadi Lebih Mematikan Bagi Pasien Dengan Penyakit Ini


7. Bercak putih
Penyakit di mana kulit kehilangan pigmentasi disebut vitiligo. Ini berkembang ketika sel-sel yang disebut melanosit dibunuh oleh sistem kekebalan tubuh, menyebabkan area kulit menjadi putih karena sel-sel tidak lagi membuat pigmen.

Vitiligo dapat menjadi konsekuensi dari kekurangan adrenal. Lebih baik membuat janji dengan ahli endokrin atau dermatologis.

6. Ruam
Setiap ruam mendadak pada kulit Anda menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda. Ini bisa berupa alergi terhadap makanan, bahan kimia rumah, obat-obatan medis, atau bahkan penyakit menular, seperti cacar air.

Dalam kasus apa pun, lebih baik beralih ke dokter karena reaksi alergi dapat menyebabkan konsekuensi yang sangat serius, seperti sindrom Stevens-Johnson atau sindrom Lyell. Cacar air, di sisi lain, dapat menyebabkan komplikasi, terutama pada orang dewasa.

5. Edema
Jika Anda menderita edema setiap hari, ada baiknya mengunjungi ahli endokrin karena itu bisa menjadi tanda hipotiroidisme.

Kondisi ini dapat terjadi ketika kelenjar tiroid gagal menghasilkan hormon dalam jumlah yang cukup. Gejala-gejala berikut dapat menyertai penyakit ini: kulit kering, edema wajah dan anggota badan, rambut rontok, kuku rapuh, dan kenaikan berat badan. Jika Anda memilikinya, segera kunjungi dokter.

BACA JUGA : Umur Anda Bakalan Pendek Kalau Masih Terus Lakukan Kebiasaan Ini, Nomor 7 Banyak Dilakukan Orang

4. Sejumlah besar tahi lalat baru
Ada banyak alasan mengapa tahi lalat dapat muncul di kulit. Yang mendasar adalah keturunan. Jika orang tua Anda memiliki tanda lahir besar, Anda mungkin juga memilikinya. Alasan lain dapat berupa paparan ultraviolet yang berlebihan atau ketidakseimbangan hormon.

Dalam kebanyakan kasus, tahi lalat tidak berbahaya. Tetapi jika jumlah mereka tumbuh dengan cepat, mereka sakit, atau mereka berubah dalam warna dan ukuran, itu adalah alasan untuk mengunjungi dokter.

3. Jerawat, komedo, pori-pori tersumbat
Ada banyak alasan untuk jerawat: terlalu banyak minyak kulit yang menyumbat pori-pori wajah, ketidakseimbangan hormon, atau masalah pencernaan.

Jerawat selalu merupakan konsekuensi. Tentu saja, perlu untuk memberikan perawatan kulit wajah yang tepat. Namun, untuk menghilangkannya, Anda harus menemukan alasannya terlebih dahulu. Dan ini hanya dapat dilakukan oleh spesialis.

2. Pengelupasan
Alasan pengelupasan bisa berupa kekurangan vitamin, ketidakseimbangan hormon, reaksi alergi, dermatitis seboroik, psoriasis, dan beberapa penyakit lainnya.

Ketika mengelupas hebat dan disertai dengan gejala lain, itu bisa menjadi tanda penyakit serius. Tetapi meskipun tidak, tetap ada baiknya mengunjungi dokter.

1. Berkeringat  secara berlebihan
Jika Anda berada di dalam ruang berventilasi baik dengan suhu optimal dan Anda tidak gugup, maka Anda tidak boleh berkeringat seolah-olah menjalankan perlombaan lintas negara.

Alasan untuk keringat berlebih bisa karena gondok difus toksik, atau penyakit Graves, penyakit autoimun yang memengaruhi tiroid. Sebagai akibatnya, kulit menjadi lebih tipis dan terus-menerus terasa gatal. Jika hal serupa terjadi pada Anda, temui dokter sesegera mungkin.


Kesehatan

Informasi Anda Genggam



Loading...