Sempat Membuat Ilmuwan Kebingungan Karena Danau di India Berubah Warna Dalam Semalam, ini Penyebabnya

M. Iqbal
Minggu, 14 Juni 2020 | 15:01 WIB
Danau di India yang berubah warna dalam semalam R24/ibl Danau di India yang berubah warna dalam semalam
Bea Cukai

RIAU24.COM - Danau Lonar di Maharashtra, yang berada di wilayah barat India membingungkan para ilmuwan karena warna airnya yang berubah menjadi merah hanya dalam waktu semalam. Namun, para ilmuwan akhirnya berhasil mengungkap misteri tersebut.

Untuk diketahui, Danau Lonar diklasifikasikan UNESCO sebagai warisan Geo-heritage dunI. Danau unik ini memiliki panjang 6.000 kaki dan kedalaman 490 kaki.

Dikutip dari Suara.com, Ahad, 14 Juni 2020, sejak danau itu terbentuk karena hantaman meteorit pada 50.000 tahun lalu, air di danau tersebut berwarna hijau, seperti kebanyakan warna air danau lainnya. Tapi dalam sebuah peristiwa baru-baru ini, warna airnya berubah menjadi merah hanya dalam waktu semalam saja.

Baca juga: Adele Menghentikan Pertunjukan Publik Pertamanya Sebanyak 4 Kali Karena Hal Ini

Terkait fenomena ini, ilmuwan berpendapat jika perubahan warna itu karena kadar garam pada air di danau tersebut telah berubah, sehingga mempercepat pertumbuhan ganggang merah di dalam air.

"Danau Lonar yang terkenal di dunia Maharashtra yang merupakan danau terbesar ketiga di dunia yang dibentuk oleh meteorit, secara misterius telah berubah warna dari hijau kebiruan yang normal menjadi merah muda," demikian tulis Weather Channel India, dikutip dari The Sun.

Sebenarnya, fenomena warna air danau bukan sebuah hal baru di dunia. Tapi untuk kasus di Danau Lonar, fenomena ini sangat langka terjadi karena warna air berubah hanya dalam waktu semalam saja.

Baca juga: Fakta Menarik yang Tak Diketahui Banyak Orang Tentang Freddie Mercury

Menurut para ilmuwan, kedalaman air yang menurun dan cuaca yang lebih hangat juga mendorong ganggang merah berkembang lebih cepat sehingga bisa 'menguasai' danau.

Meskipun ganggang merah dianggap sebagai biang perubahan warna air di Danau Lonar, namun otoritas kesehatan dan lingkungan India telah mengambil sampel air dari danau untuk menentukan penyebab pastinya.


Informasi Anda Genggam


Loading...