22 Juni, Maradona Buat Gol Tangan Tuhan, Argentina Kalahkan Inggris

Riki Ariyanto
Senin, 22 Juni 2020 | 07:41 WIB
Diego Matadona menciptakan gol tangan tuhan yang membawa Argentina mengalahkan Inggris di Piala Dunia 1986 (foto/int) R24/riki Diego Matadona menciptakan gol tangan tuhan yang membawa Argentina mengalahkan Inggris di Piala Dunia 1986 (foto/int)

RIAU24.COM -  22 Juni akan selalu dikenang mantan pemain legendaris Argentina, Diego Maradona. Sebab 22 Juni 1986 itulah Argentina berhasil mengalahkan Inggris di perempat final Piala Dunia.

Baca juga: Meski Disetujui Dorna, MotoGP Mandalika Tetap Batal Digelar Tahun Ini, Tak Disangka Ternyata Ini Sebabnya



Dirangkum dari berbagai sumber, yang membuatnya spesial sebab Diego Maradona mencetak gol tangan Tuhan di Estadio Azteca, Mexico City. Diego Maradona melewati 5 pemain Inggris kemudian diumpan sampai bola melambung ke atas. 

Baca juga: Pernyataan Mengejutkan Dari Kekasih Valentino Rossi, Ingin Punya Anak Tapi Tak Mau Menikah



Diego Maradona kemudian menyambut dengan tangan. Gol yang dicetak pakai tangan itulah yang melewati kiper Inggris Peter Shilton sekaligus membuat publik geger dan kontroversial.

Beberapa waktu kemudian, tepatnya 2014 mantan linesman pada laga itu, Dochev mengaku dia melihat aksi dari Maradona mencetak gol pakai tangan. Tetapi Dochev urung mengangkat bendera, sebab kata dia wajib mematuhi peraturan FIFA saat itu, yakni linesman baru boleh memberi pendapat kalau diminta oleh wasit yang memimpin pertandingan.

Tetapi ditempat terpisah, wasit pada laga itu Ali Bin Nasser punya pandangan berbeda. Ali Bin Nasser menuturkan bahwa dirinya mengesahkan gol tersebut sebab dia sebenarnya menunggu pendapat linesman-nya, dikutip dari Evening Standard.

Jadi kesalahan komunikasi dan salah persepsi menjadi penyebab terjadinya Gol Tangan Tuhan Maradona yang legendaris ini.


Informasi Anda Genggam


Loading...