Perkebunan Sawit Disebut Tak Berdampak Covid-19, ini Kata BPDPKS

M. Iqbal
Senin, 29 Juni 2020 | 13:08 WIB
Logo BPDPKS R24/ibl Logo BPDPKS

RIAU24.COM - Dikarenakan adanya pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia, berbagai sektor turut mendapatkan dampaknya.

Namun, Ketua Dewan Pengawas (Dewas) Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Rusman Heriawan menyebutkan sektor perkebunan kelapa sawit tidak berdampak besar.

"Dampak covid-19 terhadap sawit secara keseluruhan patut kita bersyukur. Karena saat pandemi covid sedang puncaknya di Indonesia selama tiga bulan Maret-Mei, sektor hulu diperkebunan tidak merasakan apa-apa," ujarnya, Senin, 29 Juni 2020.

Baca juga: Spoiler Boruto Chapter 62 Bocor, Kawaki Babak Belur Dihajar Otsutsuki Code, Teori Kashin Koji Datang Terbantahkan

Selain itu, disaat pemerintah menerapkan protokol kesehatan covid-19, di bagian hulu memang tidak menerapkan physical distancing. Karena, lanjutnya, mereka bekerja sendiri, dan sebelum ada pandemi juga mereka bekerja secara sendiri-sendiri dan berjauhan.

“Maka itu dampak covid-19 ini terhadap sektor hulu dampaknya kecil,” ujarnya lagi.

Tapi, kalau sektor hilir memang ada dampakanya. Karena, sektor hilir ini berada di daerah urban atau yang padat orang, sehingga ini menjadi terganggu.

Baca juga: Mengerikan, Ada Penampakan Sosok Makhluk Buas di Kolong Rumah Warga

"Contoh mereka rapat atau melakukan kegiatan lainnya yang memang terpaksa harus berkumpul, dan itu tetap harus menerapkan ptotokol kesehatan. Dan masih banyak yang lainnya," kata dia lagi.

"Jadi kesimpulan saya, sektor produksinya tidak terganggung sama sekali," demikian Rusman menambahkan.


Informasi Anda Genggam


Loading...