riau24

Pemerintah Bakal Pungut Pajak Sepeda, Fadli Zon Langsung Komentar Begini

Ryan Edi Saputra
Selasa, 30 Juni 2020 | 10:49 WIB
Fadlizon R24/put Fadlizon

RIAU24.COM -  JAKARTA - Selama pandemi Covid-19, motivasi masyarakat untuk hidup sehat jadi lebih tinggi. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya pengguna sepeda hampir di berbagai daerah di Indonesia.

Melihat kondisi ini, Pemerintah melihat ada potensi yang besar dalam bidang pendapatan negara alias pajak. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan membuka wacana pengenaan pajak sepeda.




BACA JUGA : Tak Disangka, Hutama Karya Sebut Tol Trans Sumatera tak Layak Secara Finansial



Hal ini diungkapkan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi dalam diskusi virtual akhir pekan lalu di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Kalau waktu saya kecil, saya mengalami sepeda disuruh bayar pajak dan sebagainya. Mungkin bisa ke sana. Tapi ini sejalan revisi UU 22/2009, sudah diskusi dengan Korlantas Polri,” kata Budi Setiyadi dalam diskusi virtual di Jakarta belum lama ini melansir gelora.

BACA JUGA : Wika Salim Ikut Tren Naik Sepeda, Netizen Langsung Sebut Begini



Dia juga menilai penggunaan sepeda perlu diatur mengingat kegiatan bersepeda semakin marak akibat pandemi Covid-19.

“Saya terus terang, sepeda harus diatur. Apakah dengan peraturan menteri atau peraturan pemda, bupati atau gubernur,” kata Dirjen Budi Setiyadi.

Budi menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, sepeda termasuk dalam kategori kendaraan tidak digerakkan oleh mesin.

Karena masuk dalam kelompok bukan kendaraan bermotor, lanjut dia, pengaturannya berada di pemerintah daerah.

“Kami akan mendorong aturan ini di daerah, minimal dengan mulai menyiapkan infrastruktur jalan, DKI, Solo, Bandung, sudah menyiapkan juga, tinggal sekarang gimana aturannya,” kata Budi Setiyadi.

Selain itu, menurut dia, pengelompokan angkutan harus direvisi dalam UU Nomor 22 tahun 2009 karena semakin beragamnya jenis angkutan, termasuk angkutan listrik, seperti sepeda listrik, skuter, hoverboard, dan lainnya.

Menanggapi hal ini, Anggota DPR, Fadli Zon merasa negara sudah mulai bangkrut, jika pemerintah benar-benar akan memungut pajak dari oengguna sepeda.

“Kalau benar nantinya sepeda akan dipajaki, itu tanda-tanda nyata negara akan bangkrut,” kicau akun twitter resmi @fadlizon.

 



Informasi Anda Genggam



Loading...