Petani Sawit Siap Sukseskan PSR di Kuansing, Akan Lapor ke BPDPKS dan Presiden Jika Ada Kendala

Satria Utama
Kamis, 02 Juli 2020 | 06:36 WIB
Warga antusias menyaksikan pelaksanaan replanting R24/saut Warga antusias menyaksikan pelaksanaan replanting

RIAU24.COM -  KUANSING - Masyarakat petani sawit yang mendapatkan bantuan peremajaan sawit rakyat (PSR), di Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau terlihat sangat antusias. Para petani yang tergabung dalam Koperasi Unit Desa ini begitu bersyukur dapat diikutsertakan dalam program yang diselenggarakan pemerintah Jokowi tersebut.

Hal ini terungkap saat, dilakukannya aktivitas tumbang chipping pohon kelapa sawit, milik petani KUD Wana Bhakti dan KUD Pratama Jaya, Rabu (1/7/2020). Para petani dan keluarganya tampak antusias menyaksikan alat berat yang sedang bekerja menumbangkan dan mencacah batang sawit yang sudah tua.

Baca juga: Hati-hati, Tiga Kabupaten di Riau Ini Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat

Salah seorang petani, Hardi mengatakan, dirinya bersyukur bisa menjadi salah satu petani yang diberikan bantuan PSR. "Kami berterimakasih pada pak Presiden yang telah membuat program replanting ini. Kami juga berterima kasih kepada mitra kerja yang melaksanakan pekerjaan peremajaan sawit, yakni PT.GTW yang secara profesional melaksanakan tugasnya," ujarnya kepada media.

Warga Desa Sungai Kuning, Kecamatan Singingi ini berharap Program Strategis Nasional yang ada di KUD Pratama Jaya bisa berjalan baik tanpa kendala yang berarti.

Sementara itu Sekretaris KUD Pratama Jaya, Tugiman mengatakan, para petani sawit disini sangat senang adanya Program Strategis Nasional ini. "Kami masyarakat petani di sini bersyukur diperhatikan pak Presiden. Semoga pak Presiden selalu sehat, " ujar dia. 

Tugiman juga mengatakan, dirinya bersama dengan pengurus KUD, petani sudah sepakat untuk bersama mensukseskan program PSR tersebut. 

"Karena ini program Pak Presiden Jokowi. Kami disini siap mensukseskan nya bersama PT. GTW sebagai mitra kerja. Kita juga siap memberikan laporan kepada BPDPKS, menteri dan juga kepada pak Presiden jika ada kendala di lapangan nantinya, " jelasnya 

Di tempat terpisah, Tim Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) KUD Wana Bhakti melakukan pertemuan membahas rencana kegiatan replanting yang juga akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Baca juga: BMKG Catat 4 Titik Panas di Riau Hari Ini, Berikut Sebarannya

"Kegiatan yang kita lakukan hari ini adalah membahas rencana pelaksanaan replanting. Jadwalnya sudah ditentukan pengurus KUD Wana Bhakti bekerja sama dengan kontraktor. Hari ini kita mulai pembersihan lahan (kelapa sawit)," kata Ketua KUD Wana Bhakti, Sungai Buluh, H Bambang. 

Bambang menyebutkan, petani sawit dan KUD Wana Bhakti bersama GTW siap sama-sama menjaga amanah yang telah diberikan ini. "PSR ini masuk Program Strategis Nasional, kita akan berusaha maksimal agar KUD Desa Sungai Buluh lebih baik dan maju kedepannya," jelasnya. 

Sementara Camat Singingi Hilir, Rahman Ali berharap kegiatan KUD Wana Bhakti yang dilakukan ini dapat berjalan dengan lancar. "Kita sekarang ini bekerja dalam bentuk tim. Kita berharap bisa berjalan dengan sukses program ini, " jelas dia.***


Informasi Anda Genggam


Loading...