Bikin Geger, di Tengah Kilat yang Terus Menyambar, Awan Ini Menjelma Menjadi 'UFO Raksasa', Begini Ceritanya

Siswandi
Jumat, 03 Juli 2020 | 11:16 WIB
Penampakan awan yang berubah wujud menjadi seperti UFO. Foto: int R24/wan Penampakan awan yang berubah wujud menjadi seperti UFO. Foto: int
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Sebuah fenomena alam aneh, terekam kamerea video yang kemudian membuat geger. Hal itu setelah awan tersebut tampak berubah wujud menjadi UFO berukuran raksasa. Peristiwa itu terjadi di atas Kota New Mexico, Amerika Serikat, pada 23 Juni 2020. 

Awan yang membawa hujan petir itu dipastikan fenomena cuaca yang dikenal sebagai shelf clouds yang terbentuk ketika badai dingin bertabrakan dengan udara lembap yang hangat.

Baca juga: Garuda Indonesia Akan Terbangkan 7.000 PMI ke Korea Selatan Tahun ini

Dilansir tempo, Jumat 3 Juli 2020, dalam video itu tampak matahari terbenam di kejauhan dengan latar kilat yang menyambar-nyambar dari awan besar berbentuk cakram tersebut. Dilaporkan kalau hujan deras juga mengguyur kota itu, angin bertiup kencang, tapi tidak ada kerusakan signifikan.

Peristiwa cuaca yang jarang terjadi itu sempat diabadikan warga setempat bernama Christian Hernandez. "Matahari terbenam itu indah ketika awan induk yang menakjubkan bergerak lebih dekat ke kota pada sore itu," ujarnya, dilansir daily mail. 

Baca juga: Covid-19 Memperparah Masalah Kesehatan Mental Anak-anak Dari Wilayah yang Terpinggirkan

Formasi shelf clouds sering disalahartikan sebagai tornado. Namun, fenomena ini justru biasanya menjadi indikasi bahwa badai telah mendekat. Shelf clouds itu terlihat menggantung rendah, yang membuatnya tampak lebih besar. Awan bahkan dapat ditemukan hanya beberapa ratus kaki di atas tanah. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...