Launching Forum CSR, Dari 16 Anggota Kini Sudah Beranggotakan 66 Perusahaan

Dahari
Senin, 06 Juli 2020 | 14:17 WIB
FOTO: Lounching Forum CSR R24/hari FOTO: Lounching Forum CSR

RIAU24.COM -  BENGKALIS - Plh Bupati Bengkalis Bustami HY resmi melaunching Forum Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TJSP) atau lebih sering disebut Corporate Social Responsibility (CSR) Kabupaten Bengkalis, Senin 6 Juli 2020 di ruang Rapat Zahari Kantor Bappeda Bengkalis Jalan Antara. 

Launching Forum CSR dilakukan secara virtual dan langsung. Diwaktu yang sama, Forum CSR menggelar Forum Grup Discussion (FGD) bersama Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau Ir. Emri Juli Harnis, M.T., Ph.D dan Azizon Nurza, S.Pi, MM penerima CSR Award sebagai narasumber. 

Forum CSR Bengkalis beranggotakan 66 perusahaan beroperasi di Kabupaten Bengkalis. Partisipasi perusahaan di forum ini sangat tinggi pasca vakum beberapa tahun ini. Pengaktifan kembali Forum CSR ini tidak terlepas dari inisiasi DPRD kabupaten Bengkalis. 

Baca juga: Wabup Bengkalis Buka Lomba Mancing Ikan di Kolam Desa Bantan Tengah

Bustami HY mengatakan Forum CSR di Kabupaten Bengkalis ini sudah dibentuk pada tahun 2011 lalu. Saat itu hanya beranggotakan 16 perusahaan besar yang beroperasi di Kabupaten Bengkalis. 

Seiring persoalan regulasi daerah terutama berkaitan kewenangan dan hal-hal lainnya, forum CSR hanya aktif 4 tahun atau sejak 2015 hingga 2019 mengalami kevakuman.

“Sebagai komitmen dari penerapan peraturan daerah, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menerbitkan keputusan Bupati Bengkalis Nomor 188/KPTS/IV/2020 yang menjadi titik awal pengaktifan kembali Forum CSR,"ujar Bustami.

Forum CSR, sebut Plh Bupati harus secara kontinyu melakukan aktifitas untuk mendorong sinergitas antara program perusahaan dengan program Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Dia berharap, kepada perusahaan untuk dapat berperan maksimal melalui dana CSR-nya. 

Baca juga: Rubasan Kelas II MoU Bersama PN Bengkalis

"Dan yang paling penting bukan forumnya, melainkan program dari perusahaan karena percuma kalau forumnya saja yang aktif tapi programnya malah minim,"kata Bustami.

Kepala Bappeda Bengkalis Hadi Prasetyo menuturkan, pengaktifan kembali Forum CSR setelah vakum tidak terlepas dari semangat kebersamaan semua pihak. 

Setelah launching ini, Bappeda ungkapHadi akan secara kontinyu melakukan komunikasi dengan anggota Forum CSR untuk membahas berbagai program kerja untuk pembangunan Bengkalis ke depan. 

"Alhamdulillah, dengan semangat kebersamaan kita dapat memulai dan menggaungkan lagi Forum CSR di kabupaten Bengkalis. Kepada perusahaan baik yang telah bergabung baik yang belum bergabung izinkan kami secara kontinu akan melakukan kordinasi dan komunikasi kepada saudara setelah kegiatan ini. Karena pentingnya peran perusahaan dalam pembangunan, maka menunggu bukan pilihan bagi kita semua,"ujar Kepala Bappeda.


Informasi Anda Genggam


Loading...