Gubri Paparkan Kebijakan Pemprov Riau dalam Tangani Covid-19

M. Iqbal
Selasa, 09 Juni 2020 | 13:23 WIB
Gubri Paparkan Kebijakan Pemprov Riau dalam Tangani Covid-19 R24/ibl Gubri Paparkan Kebijakan Pemprov Riau dalam Tangani Covid-19

RIAU24.COM -  Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menjadi pemateri pada web seminar (webinar) nasional dan memaparkan tentang kebijakan yang dilakukan Pemprov Riau soal penanganan Pandemi Covid-19.

Webinar yang digelar oleh UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan berlangsung di Gedung Daerah Balai Serindit itu, gubernur mengatakan beberapa langkah yang dilakukan Pemprov Riau dalam menangani wabah Corona.

Pertama, kata Syamsuar, semua masyarakat yang masuk ke Provinsi Riau akam mendapatkan Kartu Kewaspadaan Kesehatan atau Haalth Alert Card (HAC) dan menjadi ODP termasuk yang tidak bergejala dipantau oleh Puskesmas.

Baca juga: Wakil Ketua Dekranasda Siak Mulai Kenalkan Anak-Anak Budaya Batik

"Yang kedua yaitu semua PDP dirawat di rumah sakit rujukan dan mendapatkan treatment sesuai protokol pengobatan dan diizinkan pulang apabila hasil swab dua kali negatif," kata dia.

Kemudian yang Ketiga, pasien PDP hasil swab yang terkonfirmasi positif langsung dirawat di RSUD Arifin Achmad atau rumah sakit rujukan lainnya. Pasien itu mendapatkan penanganan dan pengobatan sebagai pasien positif sesuai protokol pengobatan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka baru diizinkan pulang apabila hasil swab dua kali negatif.

Kebijakan keempat, beroperasinya Laboratorium Biomolekuler. Ini dapat mempercepat pananganan pasien, sehingga mampu mengefisienkan biaya, waktu serta tenaga.

Baca juga: Hari Buku Nasional, PTPN V Bantu Perkuat Literasi di Wilayah Terpencil

Kelima, penerapan PSBB di 6 kabupaten/kota yakni Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Bengkalis.

Keenam, Pemprov Riau telah memberikan bantuan keuangan khusus ke kabupaten/kota untuk percepatan penanganan Covid-19.

“Terakhir, melakukan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran APBD tahun 2020 sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat untuk percepatan penanganan Covid-19,” jelasnya (Advertorial)


Adv_pemprov
Informasi Anda Genggam


Loading...