Tantang Yasonna Buru Buronan Lain Seperti Joko Tjandra, Fadli Zon: Jangan Berlomba Tonjolkan Prestasi Karena Takut di-reshuffle

M. Iqbal
Jumat, 10 Juli 2020 | 10:49 WIB
Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon R24/ibl Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon

RIAU24.COM - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, menantang Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly untuk serius memburu semua buronan perkara di Indonesia termasuk Joko Tjandra. 

"Jangan sampai nanti orang menduga berlomba lomba menonjolkan prestasinya karena takut di-reshuffle," ujarnya dikutip dari Tempo.co, Jumat, 10 Juli 2020.

Baca juga: Belum Genap 5 Tahun Keluar Penjara Karena Kasus Korupsi, Bakal Calon Bupati Ini Akhirnya Gigit Jari

Dia kemudian membandingkan upaya Kemenkum HAM menangani Maria Lumowa dengan pencarian terpidana kasus pengalihan hak tagih Bank Bali, Joko Tjandra.

Dikatakannya, Joko Tjandra begitu mudah lolos keluar dan masuk Indonesia hingga bisa mendapatkan e-KTP. Padahal satu-satunya pintu seseorang bisa keluar masuk Indonesia melalui Imigrasi.

Baca juga: Istana Tanggapi Tudingan Gatot Diganti Jokowi Dari Panglima TNI Gara-gara Perintahkan Nonton Film G30S/PKI

"Kecuali dia masuk melalui perbatasan yang tidak ada penjaganya. Jadi menurut saya tidak mungkin bisa lolos kalau imigrasinya tidak aware terhadap keluar masuk orang," tuturnya.

Ia menantang Kemenkum HAM untuk mengakhiri pelarian Joko Tjandra seperti yang mereka lakukan terhadap Maria.

"Kalau prestasi itu terus-menerus, mereka yang buron ditangkapi, bukan kemudian ada peristiwa ini baru menonjol jadinya," ucap dia.



Informasi Anda Genggam



Loading...