riau24

Bupati Kuansing Bersama Kapolres Launching Gerakan Desa Tangguh Jaga Kampung Nusantara

Replizar
Sabtu, 11 Juli 2020 | 12:14 WIB
Bupati Kuansing Bersama Kapolres Launching Gerakan Desa Tangguh Jaga Kampung Nusantara (foto/zar) R24/zar Bupati Kuansing Bersama Kapolres Launching Gerakan Desa Tangguh Jaga Kampung Nusantara (foto/zar)

RIAU24.COM - KUANSING- Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si bersama Kapolres AKBP Henky Poerwanto, S.IK. MM melakukan Pencanangan (Lounching) Gerakan Desa Tangguh Jaga Kampung Nusantara. Untuk tingkat Kabupaten Kuantan Singingi dipusatkan di Desa Sukamaju, Kecamatan Singingi Hilir, Kamis (9/7).




BACA JUGA : Andi Putra Kembali Pimpin Golkar Kuansing, Dari Hasil Musda V DPD II Partai Golkar Kuansing Yang Dibuka Ketua DPD I Syamsuar



Penetapan Desa tangguh disampaikan melalui Surat Keputusan Bupati Kuantan Singingi, Nomor : Kpts. 192/VI/2020 tanggal 24 Juni 2020.

Turut hadir dalam kegiatan antara lain Forkopimda, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Bagian, Kepala Bidang dan Camat, Upika Kecamatan, LAMR, Kepala Desa,Tokoh Masyarakat, dan Kelompok Tani dan masyarakat.

BACA JUGA : Syamsuar Bertekad Siap Menangkan ASA di Kuansing



Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa tangguh bencana melawan Covid-19 ini merupakan amanat dari Kapolri, yang bertujuan untuk memutus mata rantai dan menjadi sarana edukasi serta mewujudkan kesiapan masyarakat desa, dalam menghadapi Covid-19 dengan berbagai pertimbangan dan kesiapsiagaan. 

Untuk menetapkan desa tangguh ini, Kata Bupati, ada beberapa aspek yang dinilai yaitu:

1. Segi Kesehatan, Bagaimana penanganan kesehatan, pos pengamanan, pos penanganan Covid-19 dan keberadaan kelompok masyarakat menjadi tim Gugus Tugas di tingkat desa.

2. Segi Perekonomian, Desa memiliki kesiap siagaan ketahanan pangan yang mempunyai lahan untuk di tanam, sekaligus dari segi perikanannya dan desa menyatakan siap dengan itu semua.

3. Segi Keamanan, Desa memiliki pos kamling yang aktif dan bebas narkoba, semua keterpaduan desa mulai dari perangkat desa dan unsur yang ada ditingkat desa."Kita menilai penetapan Desa Suka Maju oleh Polres dan Polda Riau, sudah berdasarkan kriteria yang ditentukan. Sehingga Desa ini terpilih sebagai desa tangguh melawan wabah Covid-19," ujarnya.

Yang tidak kalah pentingnya, Desa Suka Maju juga dapat menyediakan rumah isolasi atau tempat karantina bagi warga yang baru datang dari luar daerah, mereka dikarantina ditempat yang sudah disediakan dan sistemnya pun sudah berjalan. "Dari beberapa aspek tersebut, kita memandang Desa Suka Maju telah memenuhi persyaratan, ditetapkannya desa Suka Maju sebagai Desa tangguh Nusantara dan dapat dijadikan pilot project di Kabupaten Kuantan Singingi," tuturnya.

Untuk itu, saya menghimbau kepada desa lainnya, untuk dapat mengimplementasikan hal yang sama, dan menyusul seperti Desa Suka Maju," tukasnya.



Informasi Anda Genggam



Loading...