Otoritas Kesehatan Bingung, Puluhan Pelaut Positif Corona, Padahal Sebelum Melaut Sudah Dikarantina dan Hasil Tes Negatif

Satria Utama
Selasa, 14 Juli 2020 | 09:51 WIB
Penularan Covid-19 pada kru kapal pukat ikan Argentina jadi misteri (foto: TimesFamous) R24/saut Penularan Covid-19 pada kru kapal pukat ikan Argentina jadi misteri (foto: TimesFamous)

RIAU24.COM -  Kasus penularan Covid-19 yang terjadi pada 57 pelaut di Argentina menjadi sebuah misteri yang belum terpecahkan. Pasalnya, sebelum berangkat melaut, hasil tes mereka menunjukkan negatif Covid-19. Otoritas kesehatan Argentina masih menelusuri dari mana asal virus yang menulari para pelaut tersebut.

Dikutip Inews dari AFP, Selasa (14/7/2020), Otoritas Kesehatan Provinsi Tierra del Fuego mendapat laporan terjadi penularan Covid-19 di kapal pukat ikan Echizen Maru yang bersandar di Pelabuhan Ushaia pada Senin (13/7/2020) kemarin waktu setempat.

Baca juga: Menakjubkan, Ilmuwan ini Hidupkan Kembali Albert Einstein Dari 'Kematian'

Kapal ikan tersebut terpaksa kembali lebih cepat setelah 35 hari melaut setelah mendapati beberapa krunya menunjukkan gejala-gejala klinis Covid-19. Setelah dilakukan tes pada 61 kru kapal, sebanyak 57 kru dinyatakan positif mengidap Covid-19.

Temuan ini kasus baru ini cukup membingungkan, pasalnya sebelum berangkat melaut semua kru telah menjalani karantina wajib selama 14 hari di sebuah hotel di kota Ushuaia. Mereka juga telah melewati tes Covid-19 yang hasilnya negatif.

"Sulit untuk menentukan bagaimana kru-kru ini terinfeksi mengingat selama 35 hari mereka tidak memiliki kontak dengan daratan dan bekal makanan mereka semua dibawa dari Ushuaia," kata Direktur Perawatan Kesehatan Primer di Tierra del Fuego.

Sementara itu, Kepala Departemen Penyakit Menular di Rumah Sakit Regional Ushuaia, Leandro Ballatore, meyakini penularan misterius tersebut sebagai "kasus yang lolos dari semua deskripsi mengenai masa inkubasi virus".

Baca juga: 20.000 Liter Minyak Goreng Tumpah Di Jalan Raya Setelah Mobil Tangki Menabrak Ruas Tol

"Publikasi periode inkubasi belum ada yang menjelaskannya secara rinci. Kami belum bisa menjelaskan bagaimana gejalanya bisa muncul," kata Leandro.

Setelah menjalani tes Covid-19 semua kru diminta mengisolasi diri di atas kapal yang bersandar di Palabuhan Ushuaia.

Kasus Covid-19 di Argentina telah melewati angka 100.000 pada Minggu (12/7/2020) kemarin dengan angka kematian meningkat menjadi 1.859. Ibu kota Buenos Aires menjadi wilayah dengan tingkat penularan tertinggi di negara itu.***


Informasi Anda Genggam


Loading...