PDIP Calonkan Gibran Rakabuming, Purnomo Lakukan Hal Yang Tak Terduga Ini, Lampiaskan Kekecewaan?

Satria Utama
Sabtu, 18 Juli 2020 | 16:29 WIB
Penampilan baru Purnomo R24/saut Penampilan baru Purnomo

RIAU24.COM -  Pencalonan Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020 oleh DPP PDIP berdampak pada rasa kecewa sejumlah kader banteng tersebut. Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo.

Menurut dia, hal itu lazim karena pengurus PDIP Solo hingga anak ranting bulat mendukung dirinya. "Perasaan kecewa, kok begini, itu kan lumrah. Karena mesti pikirannya, itu kaderisasi dari awal kok malah tidak diterima," kata Purnomo seperti dilansir Tempo, Sabtu, 18 Juli 2020.

Baca juga: Bukan Karena Prestasi, Ini Faktor yang Membuat Elektabilitas Prabowo Masih Tinggi

Perebutan rekomendasi PDIP untuk Pilkada Solo memang sempat menghangat. Awal Juni lalu, PDIP Solo menolak surat pengunduran diri Purnomo dari pencalonan.

Walau demikian, Purnomo mengatakan kekecewaan itu masih dalam batas wajar dan tidak berkelanjutan. Ia pun belum mengetahui bagaimana selanjutnya instruksi DPP PDI Perjuangan serta PDIP Kota Surakarta terkait para kader yang kecewa.

"Saya kan hanya kader, tidak tahu bagaimana instruksinya, DPC PDIP juga ketuanya Pak Rudy (FX Hadi Rudyatmo) bagaimana, kita lihat saja," kata dia.

Purnomo tak dicalonkan menjadi calon wali kota Solo di Pilkada 2020. Partai memilih Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Joko Widodo yang dipasangkan dengan Teguh Prakosa, kader PDIP yang juga mantan Ketua DPRD Solo.

Baca juga: Amin Rais Disandingkan Dengan Gus Dur, Begini Kata Yenny Wahid

Purnomo tak menjawab tegas saat ditanya apakah ia sendiri sudah legawa dengan keputusan itu. "Ini tidak ada kaitannya dengan legawa atau tidak. Itu keputusan partai, realitanya begitu, harus saya hadapi," kata Purnomo.

Purnomo sendiri memilih mengubah penampilannya. Ia kini berpenampilan baru, yakni tanpa kumis dan berewok. Penampilan baru Purnomo ini berubah drastis hanya sehari setelah PDI Perjuangan (PDIP) meresmikan pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota yang akan diusung di Pilkada Solo, Jumat (17/7/2020) ini diduga sebagai pelampiasan kekecewaannya.

Wali Kota Solo sejak 2013 ini telah diminta Presiden Jokowi untuk membantu Gibran di Pilkada Solo. Purnomo mengatakan pihak Gibran pun telah menghubunginya pada Jumat kemarin, 17 Juli 2020 seusai pengumuman rekomendasi di kantor DPD PDIP Jawa Tengah.***


Informasi Anda Genggam


Loading...