Setelah Mengembangbiakkan Dua Ikan Fosil, Ilmuwan Hungaria Secara Tidak Sengaja Membuat Spesies Ikan Baru

Devi
Kamis, 23 Juli 2020 | 16:21 WIB
Setelah Mengembangbiakkan Dua Ikan Fosil, Ilmuwan Hungaria Secara Tidak Sengaja Membuat Spesies Ikan Baru R24/dev Setelah Mengembangbiakkan Dua Ikan Fosil, Ilmuwan Hungaria Secara Tidak Sengaja Membuat Spesies Ikan Baru

RIAU24.COM -  Dua ikan fosil, paddlefish Amerika, dan sturgeon Rusia, dikawinkan bersama sehingga menghasilkan spesies baru 'Sturddlefish.' Para ilmuwan pada awalnya mencoba menyelamatkan spesies tetapi mereka malah menciptakan ikan yang merupakan ikan sturgeon, sebagian ikan dayung, semuanya tanpa sengaja.

Sebuah tim dari Lembaga Penelitian untuk Perikanan dan Akuakultur, Hongaria, menggunakan sperma paddlefish untuk mencoba membujuk telur dari sturgeon yang terancam punah, dalam proses yang disebut gynogenesis.

Gynogenesis adalah metode reproduksi aseksual yang membutuhkan kehadiran sperma tanpa kontribusi DNA mereka untuk menyelesaikannya.

Baca juga: Ilmuwan Wuhan Peringatkan NeoCov Coronavirus Baru Akan Timbulkan Gelombang Kematian yang Tinggi

Hibrida baru ini dibuat ketika sperma paddlefish membuahi telur sturgeon, yang menurut para ilmuwan tidak bisa terjadi.

Para ilmuwan telah mencoba untuk membiakkan ikan di penangkaran karena hilangnya habitat, penangkapan ikan yang berlebihan dan polusi telah berdampak besar pada ikan paddlefish dan sturgeon,

Ilmuwan Attila Mozsár dari Lembaga Penelitian untuk Perikanan dan Akuakultur di Hongaria, di samping para ilmuwan lain yang bertanggung jawab atas hibrida ikan baru, mengungkapkan temuan mereka dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Genes bulan ini.

Ketika para ilmuwan menempatkan sperma dari paddlefish Amerika di dekat telur dari sturgeon Rusia, DNA akhirnya diperkenalkan ke telur. Telur-telur itu dibuahi dan ikan hibrida baru yang disebut 'sturddlefish' muncul, dengan sekitar 100 ikan hibrida dilahirkan.

Tetapi mereka tidak seharusnya melakukan hibridisasi. Upaya hibridisasi sebelumnya antara paddlefish Amerika dan sturgeon lainnya tidak berhasil, tulis para penulis.

Mereka memilih sperma paddlefish Amerika karena mereka menganggap kedua spesies tidak akan dapat bereproduksi, karena mereka tidak pernah bersentuhan satu sama lain. Tim, yang tidak pernah bermaksud menciptakan hibrida ini sejak awal, telah bersumpah untuk tidak membiakkan mereka lagi.

Baca juga: Menginspirasi, Wanita Ini Mampu Merubah Nasibnya, Dari Tinggal di Tempat Kumuh Hingga Bekerja di Microsoft

Ikan sturgeon tidak begitu berbeda secara genetis dari paddlefish, mereka termasuk dalam kelompok yang sama, Acipenseriformes.

Balázs Kovács, seorang ahli genetika akuakultur di Universitas Szent István menjelaskan kepada USA Today bahwa kedua spesies ini secara evolusi jauh dari satu sama lain sehingga menjadikan mereka "hibrida yang sangat istimewa."

Para peneliti berpikir hibridisasi dapat disebabkan oleh evolusi lambat yang terlihat pada spesies ini. Baik paddlefish Amerika dan sturgeon Rusia dianggap sebagai 'fosil hidup' karena keduanya spesies yang relatif tidak berubah selama jutaan tahun.

Sturgeon hybrids biasanya digunakan dalam akuakultur dan menyediakan sekitar 20% dari produksi kaviar global, kata para peneliti. Hibrida sekarang akan hidup damai di fasilitas penelitian di Hongaria, mereka akan dirawat tetapi tidak dilepaskan ke alam liar.


Internasional
Informasi Anda Genggam


Loading...