Said Didu Beberkan Lima Penyebab PLN di Jurang Kebangkrutan, Salah Satunya ada Tekanan Para Tokoh

M. Iqbal
Senin, 27 Juli 2020 | 16:10 WIB
Ilustrasi/net R24/ibl Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu membeberkan lima penyebab PLN yang saat ini sedang di ujung tanduk.

Dilihat di akun Twitternya, Said Didu mengatakan, penyebab yang dimaksud antara lain, pertama penugasan pemerintah yang tidak layak. Kedua, pemaksaan memiliki saham PLN ke pembangkit swasta.

Kemudian ke tiga, pelemahan nilai tukar rupiah. Ke empat "tekanan" para tokoh yang jadi pemilik pembangkit ke PLN dan terakhir utang pemerintah ke PLN.

Baca juga: Blak-blakan, Nakes Ini Terang-terangan Dukung Wawancara Najwa Shihab Dengan ‘Kursi Kosong’ Menkes: Rasanya Kami Disia-siakan

"Penyebab PLN berada di jurang kebangkrutan krn utang al :
1. Penugasan pemerintah yg tdk layak
2. Pemaksaan memiliki saham PLN ke pembangkit swasta
3. Pelemahan nilai tukar rupiah
4. "Tekanan" para tokoh yg jadi pemilik pembangkit ke PLN.
5. Utang pemerintah ke PLN," kicaunya, Senin, 27 Juli 2020.

Untuk diketahui, seperti dikutip dari Kumparan.com, PT PLN (Persero) saat ini tengah menghadapi kinerja keuangan yang berat. Hal itu dikarenakan adanya utang pemerintah senilai Rp 45,42 triliun ke perusahaan yang belum dibayarkan. Utang itu berasal dari kompensasi tarif selama 2 tahun karena kebijakan Presiden Jokowi tidak menaikkan tarif listrik

Selain itu, PLN juga terancam kolaps karena terlilit utang hingga Rp 500 triliun, akibat kebiasaan perusahaan mencari pinjaman Rp 100 triliun setiap tahun selama lima tahun terakhir. Utang tersebut untuk membiayai proyek kelistrikan 35.000 MW yang merupakan penugasan pemerintah sejak 2015.

Baca juga: Ternyata Ini Wanita yang Suaranya Sering Jadi Backsound Video-video Sedih, Netizen: Mirip Dian Sastro

Netizen pun turut mengomentari kicauan Said Didu tersebut. Begini komentar para netizen.

"Kalau orang awam boleh duga, pasti yang paling nguras duit banget yaitu maksain PLN beli saham pembangkit listrik," komentar salah satu netizen.

"Ga habis pikir perusahaan BUMN sebesar PLN bisa Bangkrut. Kalau tidak di grogotin koruptor dan maling maling yang berada di PLN," tulis netizen lainnya


PLN Said Didu

Informasi Anda Genggam



Loading...