PT WKS Duri PHK 900 Karyawan, Begini Tanggapan Manajemen PT Chevron

Satria Utama
Senin, 27 Juli 2020 | 16:35 WIB
Karyawan PT WKS Duri R24/saut Karyawan PT WKS Duri

RIAU24.COM -  PT Wahana Karsa Swandiri (WKS) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 900 karyawannya. Kebijakan ini terpaksa dilakukan, karena selaku mitra kerja PT CPI, perusahaan ini tidak lagi mendapatkan kontrak pekerjaan dari perusahaan minyak tersebut.

Menanggapi Kebijakan PT WKS mem-PHK karyawannya, Manager Corporate Communication PT Chevron Pacific Indonesia mengatakan, PT CPI berkomitmen untuk senantiasa menjalankan kegiatan operasi hulu migas yang selamat, efisien dan andal serta mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga: Pasien Positif Corona di Riau Lampaui 7.000 Kasus, Berikut ini Sebarannya

"Hubungan antara PT CPI dengan perusahaan mitra kerja adalah hubungan kontraktual. Kontrak PT CPI dan mitra kerja berbentuk kontrak pemborongan pekerjaan atau kontrak jasa. Sehingga perusahaan mitra kerjalah yang berwenang mengatur masalah hubungan industrial termasuk rekruitmen dan pemutusan hubungan kerja" ujarnya. 

Ditambahkannya, PT CPI tidak mempunyai kewenangan untuk mencampuri masalah internal para mitra kerjanya. "Meskipun demikian, PT CPI akan tetap memastikan setiap mitra kerja menyediakan jasa-jasa sesuai kontrak dan senantiasa mematuhi peraturan dan perundangan yang berlaku," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Disnaker Bengkalis Hj Kholijah membenarkan telah mendapat laporan pihak WKS soal PHK 900 karyawan.

Disebutkannya, PHK yang merupakan terbanyak sepanjang tahun 2020 ini tak terelakkan lantaran perusahaan kehilangan pekerjaan dari PT CPI selaku bisnis partner. 

Baca juga: Terus Lakukan Sosialisasi, Hutama Karya Himbau Pengguna Tol Pekanbaru - Dumai Ikuti Aturan

"Tender yang mereka dapat makin sedikit dari Chevron dan banyak dimenangkan pihak lain. Makanya terjadi PHK besar-besaran yang tak terelakkan. Chevron sendiri juga sudah datang ke kita dan menjelaskan kondisi perusahaan saat ini," tutupnya.***

 


PHK Chevron PT WKS

Informasi Anda Genggam



Loading...